Uni Eropa Adakan Sosialisasi Dimensi Internasional Program Erasmus Plus

Foto :Astuti/MINA

Jakarta, MINA – (UE) pada Kamis (28/11) mengadakan sosialisasi tentang dimensi internasional Program di Menara Astra, Jakarta Pusat.

Acara itu secara resmi dibuka oleh Vincent Piket, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia serta dihadiri juga oleh Purwanto Subroto, Kepala Sub-Direktorat Kerjasama Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Kami senang dapat mengumumkan kesempatan mengajukan proposal dan peluang pendanaan melalui program unggulan Erasmus Plus. Program ini terbuka untuk -universitas di seluruh dunia, termasuk di Indonesia,” ujar Vincent dalam sambutannya.

“UE dan pemerintah Indonesia memiliki visi yang sama untuk memajukan kualitas dan kapasitas pendidikan tinggi dan kami berkomitmen untuk mendukung Indonesia dalam mencapai agenda tersebut,” tambahnya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengapresiasi dukungan Uni Eropa dalam membangun perguruan tinggi di Indonesia. Program Erasmus Plus dirasa sejalan dengan upaya Kementerian dalam memperkuat kemampuan perguruan tinggi Indonesia.

Purwanto Subroto mengatakan, pihaknya berharap Erasmus Plus tidak hanya mendorong perguruan tinggi Indonesia untuk membangun pengalaman internasionalnya di luar negeri, tetapi juga dapat menyuguhkan pengalaman internasional di tanah air Indonesia.

“Kami telah menyaksikan suksesnya program Erasmus Plus Summer dan Program Double Degree yang berjalan di sejumlah penguruan tinggi Indonesia. Lebih jauh, kami berharap dapat melihat kesempatan yang lebih luas bagi program-program mobilitas yang bersifat dua arah, resiprokal dan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak,” katanya.

Acara sosialisasi itu dihadiri sekitar 100 orang perwakilan Universitas dari seluruh Indonesia diantaranya perwakilan dari Universitas Udayana, Universitas Katolik Atma Jaya, dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Erasmus Plus merupakan program yang didanai UE, memberikan dukungan kepada Institusi pendidikan tinggi di Indonesia melalui berbagai program pengembangan institusional dan kapasitas sumber daya manusia.

Diantara Program Erasmus Plus yang ditawarkan untuk mendukung institusi pendidikan tinggi itu seperti, program Capacity Building in Higher Education (CBHE), Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD) serta Jean Monnet dan Internasional Credit Mobility (ICM). (L/NSD/Ast/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.