Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

AL-AZHAR KELUARKAN 76 MAHASISWA KARENA DEMO DUKUNG MURSI

Fauziah Al Hakim - Senin, 5 Mei 2014 - 09:59 WIB

Senin, 5 Mei 2014 - 09:59 WIB

382 Views ㅤ

Univeristas Al-Azhar, Kairo, Mesir. foto; arsip

Kairo, 6 Rajab 1435/5 Mei 2014 (MINA) – Kampus Islam tertua di Timur Tengah, Universitas Al-Azhar, di Kairo, Mesir,   mengeluarkan 76 orang mahasiswa dari beberapa fakultas  karena dinilai ‘terlibat dalam kerusuhan-kerusuhan’ menuntut pengembalian Mursi sebagai presiden.

Mahasiswa Al-Azhar  telah berada di garis terdepan dalam aksi demontrasi   menuntut pengembalian Mursi sebagai presiden setelah penggulingannya oleh regim militer pada 3 Juli 2013, lapor  harian Mesir Ahram seperti  dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

Bentrokan sering terjadi dalam beberapa demo antara pasukan keamanan dan para mahasiswa  yang kadang mengakibatkan kematian beberapa demonstran. Puluhan mahasiswa Al-Azhar dihukum akibat keterlibatan mereka dalam bentrokan dengan polisi, tambah media itu.

Presiden Universitas Al-Azhar Osama El-Abd mengatakan, penyelidikan membuktikan mahasiswa yang dikeluarkan tersebut terlibat dalam kegiatan demo dan melanggar peraturan universitas, sebanyajk 36 diantaranya  adalah mahasiswi dari cabang uversitas di kota Delta Nil, Zagazig.

Baca Juga: Gerakan Perlawanan Lebanon Tembakkan Roket ke Tzuriel Moshav Israel

Presiden interim Mesir Adly Mansour  mengeluarkan hukum baru pada Februari  yang mengizinkan kepala universitas mengusir mahasiswa yang terlibat aksi protes. Sebanyak 25 mahasiswa Al-Azhar diusir pada Maret lalu karena ikut menentang pemerintah yang dibentuk setelah kurdeta Mursi.

Awal kegiatan belajar mengajar di universitas ditunda selama tiga minggu  karena alasan keamanan. Polisi terus melakukan penangkapan terhadap warga yang ikut dalam demo rutin yang dilakukan Aliansi Nasional Anti Kudeta sejak Juli 2013 hingga sekarang. (T/Fauziah/P03/IR)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Baca Juga: Mantan Menlu Israel Serukan Penghancuran Total Pelabuhan Al-Hudaydah Yaman

Rekomendasi untuk Anda