Update Haji: 191.208 Jamaah Indonesia Sudah di Tanah Suci, 97 Wafat

Jakarta, MINA – Koordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat Dodo Murtado mengatakan, Jamaah haji yang telah tiba di berjumlah 191.208 orang, termasuk 97 yang wafat.

“Total kedatangan di Arab Saudi sampa dengan saat ini berjumlah 191.208 orang atau 499 kelompok terbang,” kata Koordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat Dodo Murtado di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (21/6).

Jamaah haji Indonesia berangkat ke Arab Saudi secara bertahap gelombang satu (I) dan dua (II) sejak operasional penyelenggaraan ibadah haji mulai 23 Mei 2023, terhitung masuk hari ke-30, hingga hari ini masih terus berlanjut.

“Jamaah gelombang II yang telah tiba di Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah berjumlah 87.185 orang atau 227 kelompok terbang,” kata Dodo.

“Kedatangan jamaah haji kuota tambahan di Bandara AMAA Madinah, sampai dengan hari ini sebanyak 2.708 orang atau 9 kloter,” sambungnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk jamaah haji khusus yang telah tiba di Tanah Suci sampai dengan saat ini, berjumlah 10.725 orang dari 188 Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). Adapun jamaah yang wafat, bertambah 6 orang.

“Sampai hari ini, total jamaah yang wafat di Arab Saudi sebanyak 97 orang, dengan rincian jamaah yang wafat di Makkah sebanyak 62 orang, di Madinah sebanyak 32 orang, dan di Jeddah sebanyak 3 orang,” jelasnya.

Ia melanjutkan, menjelang puncak haji, PPIH telah mempersiapkan langkah-langkah strategis menyambut puncak haji. Saat ini seluruh petugas haji telah terkonsentrasi di Makkah. Fasilitas jamaah di Arafah, Muzdalifah dan Mina secara langsung telah ditinjau dan dicek Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Tenda jamaah haji Indonesia sudah digelar karpet merah, dilengkapi fasilitas kasur busa dan pendingin udara atau AC. Layanan kasur ini diberikan kali pertama oleh pihak Masyariq pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M,” kata Dodo.

Pemerintah Arab Saudi terus meningkatkan pelayanan dan fasilitas untuk Jamaah Haji Indonesia berdasarkan kebutuhan guna memberikan kepuasan dalam melaksanakan ibadah haji dan mempermudah pergerakan jamaah dalam beribadah.(R/R5/P1)

 

Mi’raj News Agency MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.