Uskup Agung Yunani Berterima Kasih Kepada Erdogan Atas Pembukaan Kembali Biara Sumela

Ankara, MINA – Patriark (uskup agung) Yunani, Fener Bartholomew pada Selasa (26/7) mengucapkan terima kasih kepada Presiden Turki Recep Tayyip atas pemulihan dan pembukaan kembali untuk dikunjungi.

Direktorat Komunikasi Turki mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Erdogan dan Bartholomew berbicara melalui telepon. Demikian dilaporkan Anadolu Agency.

Bartholomew menyatakan rasa terima kasihnya kepada Erdogan atas dukungan dan minatnya dalam pemulihan Biara Sumela, tambah direktorat.

Dikatakan bahwa Bartholomew juga mengucapkan selamat atas perayaan Idul Adha yang akan datang di Turki dan dunia Islam.

Pada Selasa, Erdogan membuka kembali Biara Sumela yang bersejarah di provinsi Laut Hitam Trabzon, melalui tautan video.

Pekerjaan restorasi di biara selesai setelah lanskap dan penguatan pemeliharaan geologi dan geoteknik batuan dilakukan di kompleks biara.

Sebagai salah satu pusat wisata agama paling penting di Turki, biara ini dibuka untuk pengunjung pada Mei 2019 setelah lebih dari tiga tahun upaya pemulihan, yang dimulai pada Februari 2016.

Terletak di distrik Macka, biara adalah situs sejarah dan budaya yang penting. Itu dimasukkan dalam daftar sementara situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2000.

Dibuka kembali untuk penggunaan keagamaan pada 15 Agustus 2010 dengan izin dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, setelah jeda 88 tahun.

Biara berwajah tebing, telah menarik perhatian penduduk lokal dan asing, menjadi tuan rumah bagi ratusan ribu wisatawan setiap tahun.

Menurut badan PBB, bangunan itu didirikan dimulai pada 385 Masehi. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.