Wapres RI Buka Dialog Tingkat Tinggi Indo-Pasifik

Wapres RI Jusuf Kalla buka High Level Dialogue Indo Pasific Cooperation (Sajadi/MINA)

Jakarta, MINA – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla secara resmi membuka Dialog Tingkat Tinggi tentang Kerja Sama Indo-Pasifik atau High Level Dialoge Indo Pasific Cooperation () di Hotel Fairmont, Jakarta, pada Rabu (20/3).

“Dari Indonesia, konsep Indo Pasifik adalah kerjasama saling menguntungkan berdasarkan pada prinsip-prinsip keterbukaan, transparansi, inklusif dan penghormatan terhadap hukum internasional,” kata .

Ia juga mengatakan, forum ini mempertemukan negara-negara kawasan Indo Pasifik yang sama-sama berada di area cincin api, sehingga berpotensi menghadapi tantangan yang sama.

“Jadi dalam dialog indo Pasifik ini bukan untuk menuangkan ide-ide hanya dalam satu konteks saja, namun untuk mensinergikan poin-poin dan kepentingan berdasarkan perdamain dan stabilitas regional yang saling menguntungkan,” jelas Wapres.

Singkatnya, Wapres menjelaskan, ini adalah kerjasama Indo pasifik dari semua untuk semua.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi telah menyampaikan, kerja sama konkret di kawasan Indo-Pasifik selaras dengan visi Indonesia untuk menjadi poros maritim dunia.

Sebagai negara kepulauan yang terletak di dua samudera (Hindia dan Pasifik) di kawasan Indo-Pasifik, Indonesia ingin mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai dan makmur berdasarkan rasa saling percaya, saling hormat, dan semangat kerja sama.

juga melaporkan kepada Wapres, forum yang mengangkat tema “Menuju Kawasan yang Damai, Sejahtera, dan Inklusif” tersebut, di hadiri oleh pejabat-pejabat tingkat Menteri, wakil menteri, perwakilan organisasi internasional dari berbagai negara-negara Samudera Hindia dan Pasifik.

Sebanyak 18 negara anggota Pertemuan Tingkat Tinggi Asia Timur (EAS) termasuk Menlu Australia dan Wakil PM Selandia Baru menghadiri dialog yang digagas Indonesia tersebut. (L/Sj/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.