WFP: Jutaan Orang Ethiopia Utara Terancam Kelaparan Parah

Nairobi, Kenya, MINA – Laporan penilaian keamanan pangan dari mengatakan pada Jumat (27/1) Wilayah utara Tigray di telah dilanda kelaparan parah.

WFP mengatakan, hampir 40% orang Tigrayan menderita kekurangan makanan yang ekstrem, setelah konflik selama 15 bulan, Anadolu melaporkan.

Laporan WFP “Penilaian Ketahanan Pangan Darurat Tigray” menunjukkan 83% orang di Ethiopia utara yang telah diguncang perang yang merenggut ribuan nyawa, mengalami rawan pangan.

Michael Dunford, Direktur Regional WFP untuk Afrika Timur, mengatakan dalam sebuah pernyataan, temuan laporan tersebut menegaskan kembali bahwa “apa yang dibutuhkan orang-orang di Ethiopia utara adalah meningkatkan bantuan kemanusiaan, dan mereka membutuhkannya sekarang”.

“WFP melakukan semua yang bisa dilakukan untuk memastikan konvoi kami dengan makanan dan obat-obatan berhasil melewati garis depan. Tetapi jika permusuhan terus berlanjut, kita membutuhkan semua pihak yang berkonflik menyetujui jeda kemanusiaan dan secara resmi menyetujui koridor transportasi, sehingga pasokan dapat mencapai jutaan orang yang terkepung kelaparan,” ujarnya.

Menurut laporan itu, sebagian besar keluarga menghabiskan segala cara untuk memberi makan diri mereka sendiri, dengan tiga perempat populasi menggunakan strategi penanggulangan yang ekstrem untuk bertahan hidup.

Laporan tersebut memperingatkan, makanan mayoritas orang di Ethiopia utara semakin miskin karena makanan menjadi tidak tersedia, keluarga bergantung hampir secara eksklusif pada sereal sambil membatasi ukuran porsi dan jumlah makanan yang mereka makan setiap hari.

Jauh dari Tigray tetapi masih di Ethiopia utara, pengungsian akibat konflik mendorong tingkat kelaparan dan kekurangan gizi naik terutama di wilayah Afar.

“Data pemeriksaan kesehatan terbaru menunjukkan tingkat malnutrisi untuk anak balita berada pada 28 persen, jauh di atas ambang batas darurat standar 15 persen,” laporan PBB menunjukkan dengan mengacu pada wilayah Afar.

Di seluruh Ethiopia, WFP mengatakan memiliki kesenjangan pendanaan yang belum pernah terjadi sebelumnya sebesar US$667 juta untuk menyelamatkan dan mengubah kehidupan 12 juta orang selama enam bulan ke depan.

Ethiopia mengumumkan mereka telah memutuskan untuk mengangkut pasokan medis dan makanan ke wilayah Tigray utara karena pengiriman melalui kota Abala diblokir akibat pertempuran baru antara pemberontak Tigray dan pasukan keamanan.

Perang di Ethiopia antara Tigrayans dan pasukan pemerintah telah berlarut-larut selama lebih dari satu tahun.

Sejak November 2020, perang berdarah antara kedua belah pihak telah membuat perekonomian hancur, infrastruktur hancur, dan menyebabkan ribuan orang tewas dan banyak yang mengungsi.

Sebuah laporan bersama oleh Komisi Hak Asasi Manusia Ethiopia dan Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia menuduh Pasukan Khusus Tigray, Pasukan Pertahanan Eritrea, dan Angkatan Pertahanan Nasional Ethiopia menghancurkan infrastruktur. (T/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.