WFP: Pengungsi Rohingya Butuh Bantuan Berkelanjutan

Cox’s Bazar, MINA – Hampir satu juta dan komunitas tuan rumah di Cox’s Bazar, Bangladesh tetap rentan dan membutuhkan bantuan berkelanjutan.

Hampir lima tahun sejak mereka terpaksa meninggalkan negerinya demi keselamatan, menurut ‘Penilaian Kerentanan Darurat Masuknya Pengungsi’ terbaru yang dilakukan oleh Program Pangan Dunia () PBB dan mitranya.

Menurut siaran pers yang dikeluarkan oleh WFP pada Ahad, 13 Maret, hampir semua 900.000 pengungsi – 95% dari mereka – tetap sepenuhnya bergantung pada bantuan kemanusiaan hingga hari ini, The Business Standard melaporkan.

Kerentanan ekstrem Rohingya semakin diperburuk oleh bahaya skala besar, seperti kebakaran dan banjir yang melanda kamp pada tahun 2021.

Di komunitas tuan rumah, di mana sebagian besar keluarga bergantung pada pekerjaan berupah harian dan pemulihan ekonomi yang lambat setelah tindakan penguncian Covid-19, telah menyebabkan tingkat kerentanan mereka meningkat, dengan 52% keluarga saat ini dianggap cukup rentan hingga sangat rentan dibandingkan dengan 41% pada tahun 2019.

“Krisis Ukraina adalah pengingat nyata bahwa tidak ada yang memilih untuk menjadi pengungsi. Pada tahun kebutuhan kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, kami berharap komunitas internasional tidak akan melupakan pengungsi Rohingya di Bangladesh, yang lebih rentan dari sebelumnya dan mungkin terjerumus lebih jauh ke dalam kemiskinan akibat dampak kenaikan harga pangan dan bahan bakar,” kata Sheila Grudem, koordinator darurat senior WFP di Cox’s Bazar.

Menurut rilis media, akses ke makanan tetap menjadi prioritas utama bagi pengungsi dan komunitas tuan rumah, dengan masing-masing 82% dan 59% keluarga melaporkannya. Mereka juga khawatir dengan kelanjutan bantuan pangan. Semakin banyak keluarga di kedua komunitas tersebut terjerat utang untuk menutupi kebutuhan paling penting mereka, seperti makanan.

Pada tahun 2021, WFP terus memberikan bantuan makanan berbasis uang tunai bulanan kepada hampir 900.000 pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar, dan meningkatkan jumlah gerai makanan segar yang tersedia di gerai ritelnya di kamp-kamp. Semua pengungsi sekarang dapat membeli buah-buahan dan sayuran segar, ayam dan ikan hidup dari gerai menggunakan hak bulanan mereka, yang dikenal sebagai “voucher elektronik”.

Bantuan ini juga memberikan peluang ekonomi yang besar bagi masyarakat tuan rumah, menyuntikkan $11 juta ke ekonomi lokal setiap bulan.

WFP juga melanjutkan bantuan tunai kepada keluarga masyarakat yang terkena dampak ekonomi akibat Covid-19, mencapai 450.000 orang pada tahun 2021. WFP secara langsung memberikan peluang ekonomi sepanjang tahun di masyarakat tuan rumah melalui program cash-for-work serta hibah mata pencaharian dan pelatihan keterampilan bisnis.

“Pada tahun 2022, kami mengandalkan bantuan berkelanjutan dari semua donor untuk membantu kami memberikan bantuan penting kepada keluarga Rohingya serta komunitas tuan rumah mereka, yang telah menunjukkan solidaritas luar biasa dengan menyambut mereka hampir lima tahun yang lalu. Setiap penurunan dana akan secara langsung mengancam ketahanan pangan para pengungsi dan membuat pemulihan masyarakat lebih sulit,” tambah Grudem. (T/RI-1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.