Wiranto: Upaya Benny Wenda di Luar Negeri Gagal

Jakarta, MINA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) memastikan semua upaya tokoh Organsisasi Papua Merdeka () dalam menggalang dukungan internasional menemui kegagalan.

“Benny bersama kelompoknya berusaha menunjukkan eksistensi yang juga bergerak di luar negeri. Konspirasi inilah yang dihadapi kita semua. Syukur alhamdulillah usaha mereka gagal,” kata Wiranto dalam jumpa pers di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (30/9).

Wiranto menegaskan, tidak ada negara khusus yang mendengarkan usaha OPM dan Benny karena bertentangan dengan resolusi PBB 2524 yang telah diputuskan di tahun 1969. Benny Wenda bergerak menjelang KTT HAM di Swiss dan di Sidang Umum PBB di New York, Amerika Serikat.

“Meski dinilai sudah kondusif dan terkendali, pemerintah dan aparat keamanan masih mencoba menghilangkan trauma dengan memberikan jaminan keamanan,” katanya.

Wiranto mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk mengembalikan para pengungsi yang sebelumnya tinggal di Papua, khususnya Wamena, dengan mengungsinya mereka, secara langsung roda perekonomian terhenti.

Hingga saat ini, pengungsi yang diakibatkan dari kerusuhan di Wamena, Papua sudah mencapai 3.225 orang. Wiranto menyebut kondisi ribuan pengungsi itu sudah dijamin oleh pemerintah, namun beberapa diantara mereka mengalami trauma akibat kerusuhan yang menewaskan 33 orang itu. (L/R06/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.