85.116 JAMAAH HAJI INDONESIA SUDAH DI SAUDI

Foto: Kemenag
Foto: Kemenag

, 22 Dzulqa’dah 1435/16 September 2014 (MINA) – Operasional penyelenggaraan ibadah sudah memasuki hari yang ke enam belas, 203 kloter di antaranya sudah berada di dengan total 85.116 jamaah dan 1.015 petugas haji.

“Setelah menyelesaikan ibadah Arbain (shalat wajib berjamaah selama 40 waktu di Masjid Nabawi) di Madinah, Indonesia yang tiba pada gelombang pertama (1 – 14 September 2014) mulai diberangkatkan secara bertahap ke Makkah, sejak Selasa (09/09) sore,” Kata Humas Kemenag Zubaidi, dalam press release yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Zubaidi mengatkan, sesampainya di Makkah, mereka menjalankan ibadah Umrah Wajib dengan mengambil Miqat di Bir Ali Madinah. Setelah itu, mereka tetap di Makkah sampai penyelenggaraan puncak haji, Wukuf di Arafah dan melaksanakan rangkaian ibadah haji lainnya.

Ia menambahkan, jamaah haji Indonesia diimbau untuk senantiasa menjaga kesehatannya dengan baik, menjaga pola makan dan istirahat, serta cukup istirahat dan menghemat tenaganya sebagai persiapan dalam menghadapai puncak haji yang akan diawali dengan Wukuf di Arafah dan dimungkinkan jatuh pada 3 Oktober mendatang.

“Segala bentuk keluhan kesehatan agar segera dikonsultasikan kepada petugas kesehatan kloter, atau klinik sektor, atau Balai Pengobahan Haji Indonesia baik di Madinah maupun Makkah,” ujar Zubaidi.

Mengingat kondisi di Madinah dan Makkah yang semakin padat, petugas haji Indonesia diimbau untuk terus meningkatkan pelayanan kepada jamaah. Seluruh petugas haji agar mengikuti pergerakan dan menjaga keamanan jamaah, baik di Madinah maupun di Makkah.

Khusus di Makkah yang akan semakin padat jelang puncak haji,  petugas haji diminta untuk  berkonsentrasi pada persoalan tranpostasi  bus shalawat yang akan mambawa jamaah ke Haram, khususnya pada jamaah yang menempati pemondokan dengan jarak 2.000 – 4.000 m dari Masjidil Haram.

Sejak pemberangkatan kloter pertama jamaah haji Indonesia pada Senin (01/09) lalu.  Sebanyak 210 kloter (87.954 jamaah dan 1.050 petugas) sudah diberangkatkan ke Arab Saudi. (L/P010/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0