Sejumlah Tokoh Sampaikan Harapan Pada Haniyah Pemimpin Baru Hamas

(Palinfo)

Gaza, 11 Sya’ban 1438/8 Mei 2017 (MINA) – Ketua Biro Politik gerakan perlawanan Islam yang baru Ismael Haniyah menerima sejumlah ucapan selamat atas terpilihnya menjadi ketua biro politik menggantikan Khalid Misy’al.

Dalam situs resmi milik Hamas, Haniyah menerima ucapan selamat dari berbagai tokoh, di antaranya dari Sekjen gerakan Jihad Islam Ramadhan Syalah, ketua Ikhawanul Muslimin Jordania Abdul Hamid Dzanibat. Keduanya berharap, hubungan dengan Hamas makin mendalam dan kuat.

Sejak tadi malam, tak henti-hentinya Haniyah mendapatkan sambungan telepon dari sejumlah pemimpin dan pejabat nasional baik Arab maupun Islam. Semuanya mengucapkan selamat dan harapan kepada Haniyah yang terpilih dalam pemilu internal Hamas, selain memuji tentang keberhasilan Hamas dalam menyempurnakan hak-hak demokrasi Palestina.

Dalam kaitan ini, Ikatan Ulama Palestina juga mengucapkan terima kasih atas kontribusi Khalid Misy’al selama menjadi orang nomor satu Hamas kepada bangsa Palestina atas aksi-aksinya secara nyata dalam pemilu yang transparan dan adil.

Semua berharap agar Misy’al bisa tetap berkontribusi kepada bangsa Palestina, serta dilimpahan kesehatan dan kekuatan kepadanya.

Juru bicara Hamas, Fawzi Barhoum mengatakan Haniyah dipilih hari Sabtu (6/5) menggantikan Khalid Misy’al yang telah lama duduk sebagai pemimpin. Pengumuman ini datang tak lama setelah para petinggi di Gaza, Palestina, mengeluarkan kebijakan politik yang lebih pragmatis dan lunak terhadap Israel. (T/R06/RS2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.