Embarkasi Haji Batam Bertambah Lima Kloter

(ilustrasi)

Batam, 20 Sya’ban 1438/17 Mei 2017 (MINA) – Batam pada musim haji 2017 ini bertambah lima kelompok terbang (kloter). Sehingga total kloter pada tahun ini mencapai 27 kloter.

“Kalau tahun sebelumnya hanya 22 kloter, sekarang jadi 27 kloter. Rombongannya masih sama dari tiga provinsi,” kata Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Provinsi Kepri Subandi sebagaimana dilaporkan InfoPublik yang dikutip MINA, Rabu (17/5).

Calon Jamaah Haji dari tiga provinsi itu berasal dari Jambi, Riau, dan Kepri. Subandi menjelaskan khusus Provinsi Kepri sendiri dibagi tiga kloter. Total jamaah haji Kepri berjumlah 1.286 orang calon jamaah haji. Nantinya untuk calon jamaah haji Kepri merupakan kloter pertama dengan jumlah calon jamaah haji sebanyak 445 orang.

Disusul kloter ke-19 dengan jumlah calon jemaah haji sebenyak 445 orang, sedangkan kloter ke tiga jamaah haji Kepri yakni kloter ke-27 dengan total jamaah sebanyak 396 orang.

Dari total 1.286 calon jamaah haji ini terdiri berasal dari Kota Batam berjumlah 665 orang, dari Kota Tanjungpinang 207 orang, Kabupaten Karimuan 194 orang, Kabupaten Natuna 72 orang, Kabupaten Bintan 71 orang, Kabupaten Lingga 39 orang dan Kabupaten Anambas 38 orang.

Hingga saat ini, jelasnya, untuk jamaah haji Batam dari 665 orang ini yang telah lengkap dan siap terkait kelengkapan dokumen baik paspor dan lainnya baru mencapai 565 orang. Sedangkan sisianya 100 orang masih dalam proses. Begitu juga dengan calon jamah haji Tanjungpinang dari 207 orang yang telah siap dokumennya 205 dan dua orang masih dalam proses.

“Untuk calon jemaah haji dari Karimun, Bintan, Natuna, Lingga dan Anambas seluruhnya terkait kelengkapan dokumen telah lengkap. Namun, yang belum lengkap dokumen itu dipastikan, sebelum keberangkatan keloter pertama, seluruh calon jamaah haji Kepri telah lengkap dokumennya,” jelasnya.

Dengan adanya peningkatan jumlah kloter haji tahun ini, tambahnya, tentunya Kemenag Kepri dan instansi terkait lainnya dalam hal ini akan melakukan pembenahan secara menyeluruh.

“Kami berkomitmen akan meningkatkan sarana dan parasarana dalam melayani calon jamaah haji ini. Pembenahan akan dilakukan di Asrama Haji Batam, Peningkatan transportasi dalam melayani semua calon jamaah haji dan juga peningkatan sarana danparasarana lainnya,” katanya.

Untuk kloter pertama di Kepri sudah dijadwalkan yakni akan berangkat pada tanggal 31 Juli 2017. Sementra untuk kloter selanjutnya masih menunggu keputusan atau jadwal dari Kementerian.

“Kami berharap musim haji 2017 akan lebih baik dari tahun sebelumnya, pembenahan asrama haji sudah jauh hari dilakukan perbaikan dan juga sarana pendukung lainnya,”ujarnya.(T/R01/RS2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.