Dua Belas SMA/K Ikuti Kompetisi Berbisnis

(Foto: Septia Eka Putri/MINA)

Jakarta, MINA – Sebanyak 12 sekolah SMA/K di Jakarta, Cileungsi, dan Tangerang bersaing menunjukkan kepiawaian dalam berbisnis untuk meraih penghargaan tertinggi pada Jakarta 2017 di Gedung SMESCO Jakarta, Jumat (21/7).

Acara yang diselenggarakan oleh Prestasi Junior Indonesia (PJI) diikuti para siswa yang memamerkan produk hasil kreasi mereka dan mempresentasikan pencapaian bisnis serta pembelajaran personel kepada juri dan publik.

“Perusahaan dan kompetisi ini membantu siswa dalam mengasah dan mengembangkan bakat wirausaha sejak dini. Mereka juga dilatih membangun kepercayaan diri dan keberanian menghadapi tantangan dalam berbisnis. Kami berharap kegiatan ini akan menginspirasi generasi muda Indonesia untuk tumbuh menjadi wirausahawan yang sukses, siap menghadapi persaingan ekonomi global, dan berguna bagi masyarakat,” ungkap Robert Gardiner Management Advisor Prestasi Junior Indonesia.

Kedua belas sekolah tersebut antara lain SMKN 1 Jakarta, SMKN 6 Jakarta, SMKN 27 Jakarta, SMKN 29 Jakarta, SMAN 66 Jakarta, Stella Maris International School, SMK Bina Informatika, SMK Farmasi Ditkesad, SMALB Santi Rama, MA Al-Fatah Cileungsi, SMK Muhammadiyah 1 Cileungsi, dan SMA Plus Pembangunan Jaya.

Siswa-siswi yang berkompetisi telah mendapatkan bimbingan bisnis secara intensif melalui program Perusahaan Siswa (JA Student Company Program). Progam ini merupakan pendidikan aplikasi kewirausahaan yang diadopsi dari program Junior Achievememt Worldwide, Amerika Serikat. Selama 12 bulan, siswa menjadi wirausaha riil dengan menjalankan usaha bersama, mulai dari perencanaan, operasional dan pengolahan usaha, hingga likuidasi perusahaan.

Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Suharno mengatakan tantangan yang dihadapi generasi muda Indonesia akan semakin kompleks, terlebih pada era persaingan global.

” Semua unsur, mulai dari pemerintah, lembaga masyarakat, korporasi, dan publik, harus ambil bagian dalam pembekalan generasi muda kita. Kami mengapresiasi program ini,” pungkasnya.

Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Elvera N. Makki mengatakan, Indonesia membutuhkan anak muda yang memiliki jiwa dan semangat kewirausahaan.

” Kami percaya bahwa hal ini dapat membantu mereka untuk meraih masa depan yang lebih baik, yaitu dengan memberikan kesempatan ekonomi atau kami sebut sebagai youth economic opportunity. Kami berharap dengan program ini mendorong pertumbuhan dan kemajuan bagi generasi muda bangsa, utamanya dengan turut memasukkan literasi dan pendidikan keuangan yang selaras dengan strategi Nasional keungan iknlusif dari pemerintah,” ujarnya.

Keduabelas sekolah berlomba memperebutkan gelar Best Student Company dalam kompetisi ini. Tiga sekolah terbaik akan mewakili DKI Jakarta untuk bersaing dengan sekolah-sekolah dari regional lainnya dalam kompetisi tingkat nasional Indonesia Student Company Competition 2017 di Jakarta pada 26 Agustus mendatang.

Program ini dukungan dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan sejumlah perusahaan yang terlibat sebagai sponsor program, yaitu Citi Indonesia, Permata Bank, Caterpillar Indonesia, dam Yayasan Pembangunan Jaya. (L/R07/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Septia Eka Putri

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.