Indonesia Dominasi di Cabor Pencak Silat Asian Games 2018

Jakarta, MINA – Indonesia tampil mendominasi di cabang olahraga 2018, setelah para pesilat tuan rumah berhasil lolos ke final di 8 nomor tarung dan 6 nomor
seni.

Kedelapan pesilat Indonesia yang memastikan masuk ke final di nomor tarung yaitu 3 pesilat putri Indonesia di kelas C 55-60 kg, Sarah Tria Monita, kemudian Pipiet Kamelia (kelas D 60-65 kg) dan Wewey Wita (kelas B 50-55 kg). Kemudian 5 pesilat putra yakni Aji Bangkit Pamungkas (kelas I 85-90 kg) Komang Harik Adi Putra (kelas E 65-70 kg), Abdul Malik (50-55 kg), Iqbal Candra Pratama (kelas D 60kg-65 kg), dan Hanifan Yudani Kusumah (kelas C 55-60 kg).

Hanifan Yudani Kusumah menjadi pesilat kedelapan yang memastikan masuk ke babak final dapat menghentikan perlawanan sengit pesilat Thailand, Adilan Chemaeng.

Hanifan bertanding dalam babak semifinal terakhir yang digelar di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Ahad sore (26/8).

Pada hari kedelapan , Indonesia menempatkan 9 atlet pencak silat pada babak semifinal. Namun seorang pesilat lainnya, Amri Rusdana harus menelan kekalahan setelah kalah tipis dari pesilat dari Malaysia Mohd Fauzi Khalid dengan skor 2-3.

Amri harus puas membawa pulang perunggu, bersama dengan pesilat asal Kirgistan, Daniiar Tokurov, yang kalah dari pesilat Vietnam, Dinh Nam Tran.

Sebelumnya, dua pesilat Indonesia, Puspa Arumsari dan Sugianto lolos ke final masing-masing kelas seni tunggal putri dan putra pada Sabtu (25/8). Indonesia juga akan mempertaruhkan dominasinya di babak final empat nomor seni yakni kelas Double Putra dan Putri serta Tim Putra dan Putri.

Manajer Atlet Pencak Silat Indonesia, Edhy Prabowo mengungkapkan hasil yang dipersembahkan para pesilat Indonesia melebihi target yang telah ditentukan.

Dia optimis jika peluang Indonesia ‘menambang’ medali emas dari cabang olah raga pencak silat semakin terbuka lebar.

“Kami optimis semua pihak mendukung. Mereka (pesilat) bertanding sangat tenang. Kami mohon dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia. Insya Allah, medali emas didominasi dari Pencak Silat,” kata Edhy kepada awak media usai pertandingan.

Jika para atlet pencak silat Indonesia memenangkan seluruh nomor pertandingan tersebut, pencak silat berpeluang besar menyumbangkan emas dalam jumlah signifikan. Terbanyak dibandingkan cabang olah raga yang diikuti oleh kontingen Indonesia.

Laga final pencak silat Asian Games 2018 rencananya akan kembali berlangsung di Padepokan Pencak Silat TMII Jakarta. Untuk final nomor seni akan digelar pada Senin (27/8), sementara final nomor tarung akan digelar pada Rabu (29/8). (I/R01/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Admin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.