23 Medali Olimpiade Matematika dan Sains Internasional Diraih SD Indonesia

Jakarta, MINA – Pelajar Sekolah Dasar (SD) Indonesia berhasil meraih 23 medali pada ajang International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) atau Olimpiade Matematika dan Internasional tahun 2018 yang diselenggarakan di Xejhiang, China, pada 27 September – 4 Oktober.

Sebanyak 23 dari 24 pelajar delegasi Indonesia berhasil membawa pulang dua emas, tiga belas perak dan delapan perunggu di ajang yang diikuti oleh 22 negara tersebut.

“Alhamdulillah, tahun ini lebih banyak dari pada tahun kemarin, kali ini kita bawa pulang 23 medali. Semoga ini memberikan motivasi kepada anak-anak kita untuk menyukai bidang matematika dan sains,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hamid Muhammad, saat menjemput kedatangan tim IMSO di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (4/10).

Menurutnya, untuk mencapai level tertinggi prestasi siswa, Pemerintah terus memperbaiki kegiatan pembelajaran, baik dari sarana dan prasarana, maupun motivasi belajar dan bimbingan belajar.

“Sebenarnya ini menjadi pembelajaran bagi semua daerah. Kalau pembelajaran literasi dasar, baca masalah, bahasa, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan Matematika kita siapkan dengan baik, fasilitas belajarnya baik, gurunya kita latih dengan benar, kegiatan pembelajarannya menyenangkan, pasti anak-anak kita itu meraih level tertinggi,” ujarnya.

Secara umum, capaian tim lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya. Sebelum terbang ke China, selama dua bulan para delegasi IMSO 2018 diberikan bimbingan dan pemahaman bagaimana menjawab soal-soal sulit pada tes hari pertama yaitu tes teori.

Selanjutnya, untuk mengatasi tes hari kedua yaitu eksperimen dan eksplorasi, pembimbing menerapkan metode khusus agar pelajar Indonesia mampu membaca persoalan yang disebut sebagai metode ilmiah. (R/R10/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.