Dr. Essam Yousef Serukan Dukungan untuk Orang Berkebutuhan Khusus di Gaza

City, MINA – Dr Essam Yousef, Kepala Komite Internasional untuk Mendukung Gaza, menyerukan untuk meningkatkan dukungan bagi orang-orang dengan dan pasien di Jalur Gaza.

“Orang-orang berkebutuhan khusus adalah kelompok yang paling rentan dan menderita akibat blokade yang dikenakan di Jalur Gaza selama hampir 12 tahun,” ujar Yousef, seperti dilaporkan Middleeast Monitor, Rabu (5/12).

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan untuk menandai Hari Orang Cacat Internasional pada Senin (3/12), ia mengatakan bahwa mereka dengan kebutuhan khusus dan penyakit kronis di Gaza mengalami berbagai bentuk penderitaan karena kondisi ekonomi dan sosial yang tragis.

Dia mencatat bahwa kelompok tersebut paling menderita sehubungan dengan memperoleh hak mereka untuk menyembuhkan perawatan, pendidikan, dan kebutuhan dasar lainnya.

Menurut Yousef, tingkat kemiskinan dan pengangguran di antara orang-orang dengan kebutuhan khusus pun meningkat secara dramatis.

Dia telah menegaskan bahwa tidak dapat diabaikan juga penderitaan kelompok lain dalam masyarakat Gaza, seperti anak yatim, wanita, dan orang tua.

Yousef menambahkan bahwa penderitaan mereka yang memiliki kebutuhan khusus berbeda dengan yang lain, karena penderitaan semakin dipersulit oleh kondisi kesehatan mereka dan situasi masyarakat mereka, yang menderita karena pengepungan.

Dia juga mencatat bahwa jumlah orang dengan kebutuhan khusus di Gaza semakin meningkat sebagai akibat dari serangan berulang Israel dan perang di Jalur Gaza, serta fakta bahwa Israel telah membiarkan mesin perangnya menargetkan warga sipil yang tidak bersalah.

Serangan tentara Israel yang menargetkan ribuan demonstran yang berpartisipasi dalam pawai damai, juga menambah warga yang mengalami luka parah, dan banyak yang telah diklasifikasikan sebagai individu dengan kebutuhan khusus, katanya.

Dia menambahkan, “Kita tidak bisa mengabaikan peran blokade ilegal dan efek bencana di sektor kesehatan yang telah berlangsung selama bertahun-tahun. Ini telah menyebabkan kerusakan dan kekurangan peralatan medis, kurangnya keahlian medis, dan larangan pasien meninggalkan Gaza untuk perawatan, terutama di rumah sakit yang terletak di Tepi Barat dan wilayah Palestina yang diduduki sejak 1948.” (T/RS2/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.