Uni Eropa Resmi Adopsi Paket Sanksi ke-6 terhadap Rusia

Brussels, MINA – pada hari Jumat (3/6) secara resmi mengadopsi paket sanksi keenam terhadap Rusia, saat perang di berkecamuk.

“Dengan paket hari ini, kami meningkatkan batasan kemampuan Kremlin untuk membiayai perang, dengan memberlakukan sanksi ekonomi lebih lanjut,” Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell, mengomentari keputusan Dewan Uni Eropa, Anadolu Agency melaporkan.

Paket tersebut termasuk larangan impor minyak Rusia, memberikan negara-negara anggota Uni Eropa waktu enam bulan untuk menghapus minyak mentah dan delapan bulan untuk memotong produk minyak olahan lainnya.

Minyak pipa untuk sementara dibebaskan dari embargo minyak, sebagai konsesi utama ke Hongaria.

Selain itu, Bulgaria dan Kroasia juga diberikan pengurangan lebih lanjut atas impor minyak lintas laut dan minyak gas vakum.

Menurut perhitungan Komisi Eropa, sanksi tersebut akan memotong 92% perdagangan minyak Rusia ke dalam blok tersebut pada akhir tahun ini.

Keputusan tersebut menambah daftar barang dan teknologi penggunaan ganda, yang tidak boleh diekspor ke Rusia karena dapat mendukung sektor militer dan pertahanan.

Paket sanksi juga mengecualikan bank terbesar Rusia Sberbank dari sistem pembayaran internasional SWIFT, serta Bank Kredit Moskow, Bank Pertanian Rusia, dan Bank Belarusia Untuk Pembangunan dan Rekonstruksi.

UE juga menambahkan tiga saluran milik negara Rusia, Rossiya RTR/RTR Planeta, Rossiya 24/Russia 24, dan TV Center International, ke dalam daftar media yang dilarang dari UE.

Menurut UE, saluran ini adalah instrumen “untuk memanipulasi informasi dan mempromosikan disinformasi tentang invasi ke Ukraina, termasuk propaganda, dengan tujuan  mengacaukan negara-negara tetangga Rusia dan Uni Eropa dan negara-negara anggotanya.”

“Uni Eropa juga memberikan sanksi kepada mereka, yang bertanggung jawab atas kekejaman yang terjadi di Bucha dan Mariupol,” kata Borrell.

Anggota pemerintahan militer, tokoh lain yang mendukung perang, pebisnis terkemuka dan anggota keluarga mereka, serta pejabat Kremlin, dihukum dengan larangan bepergian dan pembekuan aset.

Setelah satu bulan negosiasi macet, para pemimpin Uni Eropa mencapai kesepakatan politik tentang tindakan pembatasan keenam, pada pertemuan puncak mereka  Senin malam.

Paket baru ini melengkapi sanksi sebelumnya, yang menargetkan antara lain Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov, serta melarang ekspor barang mewah dan impor batu bara, juga mengecualikan bank Rusia dan Belarusia dari menggunakan sistem SWIFT.

Uni Eropa telah mengalokasikan €2 miliar ($2,15 miliar) dalam bantuan militer ke Ukraina dan memobilisasi lebih dari €4 miliar dalam bantuan keuangan makro, bantuan kemanusiaan, dan dukungan untuk negara-negara Uni Eropa yang menampung pengungsi dari Ukraina sejak perang dimulai pada 24 Februari. Blok tersebut juga akan mengalokasikan kredit €9 miliar lainnya ke Ukraina. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.