Israel Tawarkan Solusi Atasi Krisis Energi Eropa

Tel Aviv, MINA – Perdana Menteri Israel menawarkan solusi kepada Eropa untuk mengatasi krisis energi berupa gas dari ladang Karish yang terletak di perbatasan Palestina yang diduduki dengan Lebanon.

Middle East Monitor melaporkan, Yair Lapid menyampaikan hal itu beberapa hari setelah penandatanganan kesepakatan perbatasan laut dengan Lebanon. “Ladang Karish ini akan membantu Eropa menangani krisis energi,” kata Lapid.

Pekan lalu, perusahaan Israel, Energean mengumumkan dimulainya produksi di ladang gas Karish. Sementara Lebanon memprotes kebijakan itu sebelum akhirnya dicapai kesepakatan.

Mantan pemimpin Lebanon, Michel Aoun sebelumnya telah menyatakan bahwa negaranya tidak akan melakukan normalisasi diplomatik dengan Israel. Kebijakan luar negeri Lebanon akan dipertahankan.

Pada 2020, Israel dan Lebanon melanjutkan negosiasi terkait sengketa perbatasan maritim setelah terakhir kali terlibat perang terbuka pada 2006 lalu.

Karish diklaim oleh Israel berada dalam zona ekonomi eksklusifnya yang diakui oleh PBB. Kelompok Hizbullah Lebanon sempat mengancam akan menyerang Israel jika negara tersebut melakukan eksplorasi gas di Karish. (R/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.