Amien Rais Inginkan DKI Jakarta Dipimpin Sosok Yang Santun

Jakarta, 9 Sya’ban 1437/16 Mei 2016 (MINA) – Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR),  menginginkan ibu kota dipimpin oleh sosok yang santun dan mempunyai keberpihakan terhadap rakyat kecil.

“Siapapun orangnya, tapi harus orang yang santun, yang punya rasa belas kasih terhadap orang kecil,” ujar Amien

Amien juga mengaku heran, dengan orang-orang yang memuji pemimpin yang dinilai kejam dan menggilas rakyat kecil, kata Amien kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Jakarta, Jum’at  (16/5).

“Saya gagal memahami kalau ada teman kita yang memuji-muji tokoh yang kejam, yang sama orang kecil itu menggilas hebat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Amien mengingin pemimpin Jakarta bukan orang yang menjadi alat kepentingan dari pemilik modal, serta memiliki kesetiaan terhadap bangsa dan negara.

“Tidak menjadi alat dari pemilik modal, dan kesetiaannya kepada Merah Putih dan Pancasila tidak perlu kita ragukan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, jangan sampai pemimpin Jakarta nantinya orang yang selalu merasa benar dan tak mau menerima kritik. “Jangan sampai Jakarta dipimpin orang yang merasa benar sendiri,” ujarnya.

Menurutnya, setiap manusia yang terlahir dibumi dari yang pertama hingga yang terakhir adalah seorang pemimpin.

Ia menjelaskan, pimimpin menurut pandangan Islam tidak hanya menjalankan roda pemerintahan begitu saja, tapi seorang pemimpin harus mewajibkan kepada rakyatnya untuk melaksanakan apa saja yang terdapat dalam syariat Islam walaupun bukan beragama Islam. (L/P002/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.