Anies Baswedan Sebut Empat K Majukan Perguruan Tinggi Islam

Gubernur DKI Jakarta terpilih, . (Foto: MINA/Aliya)

Jakarta, MINA – Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta terpilih Anies Baswedan menyebutkan Empat K untuk memajukan perguruan tinggi di Indonesia.

“Empat K yang harus dimiliki mahasiswa untuk memajukan perguruan tinggi yaitu, , , kerja sama dan komunikatif,” katanya saat acara seminar internasional dengan tajuk “Peran Perguruan Tinggi dalam Penguatan Pemikiran lslam Moderat” di Auditorium Arifin Panigoro, Universitas Al-Azhar lndonesia, Senin (14/8).

Menurutnya, pemikiran kritis sangatlah penting bagi mahasiswa dalam memajukan perguruan tinggi Islam Indonesia ke depannya.

“Pemikiran kritis ini penting untuk membangun pemikiran-pemikiran moderasi, pemikiran-pemikiran terobosan itu membutuhkan pemikiran yang kritis,” ujarnya.

Selain itu, perlu mempunyai pemikiran kreatif untuk membuat sesuatu yang baru, bukan meniru.

“Pemikiran kreatif, bukan sekedar imitasi dari pikiran lama melainkan kreasi dari pikiran baru. Kampus yang menumbuhkan kemampuan kreatifitas di situlah menumbuhkan masa depan,” jelasnya.

Lebih lanjut, setelah mempunyai empat sifat tersebut maka ekstremisme tidak akan tumbuh.

“Kalau orang punya kemampuan berpikir kritis, ekstremisme sulit untuk bisa menembus,” pungkasnya.

Ia menambahkan, ekstremisme bukan hanya ada di sektor agama tetapi di berbagai bidang.

Di samping itu ia mengatakan, umat Islam harus bisa membaca perubahan zaman, untuk itu harus mempunyai pengetahuan yang mendalam.

“Ilmu adalah kekuatan, pengetahuan adalah penguasa kesejahteraan hidup,” tambahnya. (L/R10/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)