ANKARA AKAN SERAHKAN JENAZAH PILOT RUSIA KE MOSKOW

PM Turki Ahmed Davutoglu
PM Ahmed Davutoglu

Istanbul, 18 Shafar 1437/30 November 201 (MINA) – Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu, Minggu, mengatakan negaranya akan segera menyerahkan jenazah pilot yang tewas ketika pesawatnya ditembak jatuh oleh Turki pekan lalu.

Pilot tersebut, yang telah kehilangan nyawanya setelah pesawatnya melanggar wilayah udara Turki, diterima oleh Turki di perbatasan Suriah tadi malam, kata Davutoglu dalam konferensi pers di Istanbul, sebelum bertolak menuju pertemuan dengan para pemimpin Uni Eropa di Brussels.

Dia menegaskan seorang pejabat Rusia akan melakukan perjalanan “segera” ke Hatay, kawasan Turki selatan, dengan seorang pejabat militer Turki untuk menerima jenazah pilot, demikian laporan Mi’raj Islamic News Agency (MINA), mengutip Kantor Berita Kuna.

Davutoglu mengkritik laporan baru-baru ini dari Rusia yang menyalahkan Turki atas ditembak jatuhnya pesawat itu, dengan menekankan bahwa pasukan Turki hanya melaksanakan tugas sesuai aturan yang berlaku dan tidak ada hubungannya dengan Rusia sebagai sebuah negara.

Kejadian ini telah memperburuk hubungan dengan Moskow, mitra dagang utama dan pemasok energi terbesar Turki.

Mengenai pertemuan di Brussels, dia menyatakan harapannya pertemuan akan memperkokoh hubungan dengan negara-negara Uni Eropa, terutama sekali pertemuan tersebut merupakan yang pertama kalinya dilakukan sejak pertemuan puncak tahun 2004.

Dikatakannya, dalam pertemuan ini ia akan membahas dengan para pemimpin Uni Eropa berbagai pelanggaran Rusia atas wilayah udara Turki. (T/R07/R01)

Mi’raj Islamaic News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0