Aplikasi PeduliLindungi Dapat Digunakan di Uni Eropa

​​Brussel, MINA – ​Uni Eropa mengesahkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di wilayahnya mulai Rabu (11/5). Pengesahan ini dilakukan melalui implementing decision yang memuat pengakuan kesetaraan atas sertifikat yang dikeluarkan oleh Indonesia.

Melalui pemberlakuan penyetaraan tersebut, maka QR code yang ada di aplikasi PeduliLindungi dapat terbaca di Uni Eropa.

Dengan demikian, warga Indonesia yang akan melancong ke Uni Eropa tidak perlu lagi mendaftarkan QR Codenya secara terpisah. Demikian keterangan pers Kedutaan Besar RI di Brussels, Belgia, Kamis (12/5).

Dengan saling pengakuan ini, maka QR Code dalam sistem Uni Eropa juga dapat terbaca di Indonesia sehingga warga Uni Eropa yang bepergian ke Indonesia tidak perlu lagi mengunduh aplikasi PeduliLindungi,

Uni Eropa merupakan organisasi antarpemerintahan dan supranasional yang beranggotakan 27 negara, yakni, Austria, Belgia, Bulgaria, Kroasia, Siprus, Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani Hungaria, Irlandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Malta, Belanda, Polandia, Portugal, Rumania, Slovakia, Slovenia, Spanyol, dan Swedia.

Commissioner for Justice Uni Eropa, Didier Reynders menyatakan, sistem sertifikat UE tetap merupakan salah satu alat penting dalam mobilitas warga di wilayah Uni Eropa.

Indonesia bergabung dengan 40 negara lainnya yang sistem sertifikat vaksinnya telah diakui oleh UE.

Sementara itu, Dubes RI untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa Andri Hadi menyampaikan, saling pengakuan sertifikat vaksinasi merupakan langkah yang sangat positif.

“Dengan saling pengakuan ini, diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan  minat wisatawan Eropa yang akan berkunjung ke Indonesia di musim liburan mendatang,” katanya. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.