Uni Eropa Lanjut Roadshow ke Sumsel Promosikan IEU-CEPA

Palembang, MINA – Delegasi Uni Eropa menyelenggarakan roadshow secara virtual ke Sumatera Selatan (Sumsel) pada Selasa (15/6) dalam rangka mempromosikan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Uni Eropa (IEU-CEPA) yang tengah dirundingkan.

Sebelumnya Uni Eropa juga telah mengadakan kunjungan ke kota-kota besar di Indonesia baik secara virtual maupun langsung, seperti ke Bandung, Maluku, Semarang, dan Surabaya.

Duta Besar (Dubes) Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket mengatakan, pertemuan dengan pemangku kebijakan Sumsel kali ini sangat tepat karena pada bulan Juli Indonesia dan Uni Eropa akan mengadakan negosiasi IEU-CEPA putaran berikutnya.

“Untuk Oleh karena itu dari pertemuan hari ini dapat berpengaruh terhadap negosiasi berikutnya,” ujar Vincent dalam sambutnya.

Perundingan IEU-CEPA akan memasuki putaran ke-11 pada Juli tahun ini setelah sebelumnya dilaksanakan secar virtual pada 22-26 Februari 2021.

Kemitraan ekonomi IEU-CEPA menjadi peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan ekspor ke pasar Uni Eropa yang lebih luas.

Menurut Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga, salah satu kesepakatan yang paling bermanfaat dalam IEU-CEPA adalah kesepakatan tarif bea masuk sebesar 0 persen.

Indonesia akan mendapatkan penghapusan 7.042 pos tarif dari Swiss dan Liechtenstein, 6.338 pos tarif dari Norwegia, serta 8.100 pos tarif dari Islandia.

“Dengan diimplementasikannya IE-CEPA, banyak produk Indonesia dapat memasuki negara EFTA dengan harga yang kompetitif dan diharapkan para pelaku usaha dapat menangkap peluang ini untuk meningkatkan ekspor dan mendorong investasi. IE-CEPA yang didukung dengan UU Cipta Kerja diharapkan juga dapat membantu pemulihan ekonomi Indonesia yang sempat menurun karena pandemi COVID-19,” kata Jerry seperti dikutip dari Infosawit.

Pada persetujuan IE-CEPA juga terdapat skema khusus untuk meningkatkan peran dan peluang UKM melalui kerja sama dan pengembangan kapasitas, promosi bersama UKM, serta menjalin kemitraan dengan mitra lokal. (L/RE1/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)