Arab Saudi dan Rusia Tandatangani Kesepakatan Pembelian Sistem Pertahanan Udara

Presiden Rusia terima kedatangan di ,
Kamis, 5 Oktober 2017. (Foto: AP /ITAR-TASS, Vladimir Rodionov, Presidential Press Service)

 

Moskow, MINA – Raja Arab Saudi, Salman dan Presiden Rusia Vladimir Putin, pada Kamis (5/10) menandatangani kesepakatan awal untuk pembelian sistem pertahanan S-400, sistem peluru kendali anti-tank Kornet , beberapa peluncur roket, dan menerima teknologi terdepan dari Rusia.

Kesepakatan tersebut diumumkan Raja Salman di Moskow saat lawatan resmi pertama Raja Saudi ke Rusia. Tidak diumumkan besaran nilai uang belanja militer Arab Saudi dari Rusia ini. Arab Saudi selama ini merupakan sekutu dekat Amerika Serikat.

Raja Saudi dan Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan pembicaraan di Kremlin.

“Ini adalah kunjungan pertama seorang Raja Arab Saudi dalam sejarah hubungan kami dan hal ini  merupakan peristiwa penting,” kata Putin saat menyambut Raja Salman di sebuah balai Kremlin yang berhias emas. Demikian The New Arab memberitakan yang dikutip MINA.

“Kami sepakat  memperkuat hubungan demi kepentingan perdamaian dan keamanan, demi pengembangan ekonomi dunia,” kata Raja Saudi.

Raja Salman mengharapkan  kesepakatan kerjasama persenjataan ini akan dapat berperan penting dalam pertumbuhan dan pengembangan industri militer di Arab Saudi. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.