Arab Saudi, Kuwait, dan UEA Sepakati Paket Bantuan AS $ 2,5 Miliar Untuk Yordania

Makkah, MINA – Arab Saudi, Kuwait dan Uni Emirat Arab (UEA) pada Senin (11/6) sepakat menyediakan paket bantuan ekonomi senilai AS $ 2,5 miliar untuk untuk mengatasi krisis ekonomi yang dihadapi negara itu.

Yordania telah menghadapi krisis ekonomi yang diwarnai protes anti-penghematan dan rencana kenaikan pajak  yang didukung Dana Moneter Internasional (IMF). Akibatnya Perdana Menteri mundur.

Kesepakatan diumumkan seusai KTT darurat empat negara di kota suci Makkah yang akan mencakup deposit di bank sentral Yordania, jaminan Bank Dunia, dukungan anggaran selama lima tahun, dan pembiayaan untuk proyek-proyek pembangunan.

KTT yang diserukan oleh Raja Arab Saudi Salman, dihadiri oleh Raja Yordania Abdullah II bersama dengan Perdana Menteri UEA Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum dan Emir Kuwait Sheikh Sabah Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah.

Setelah pertemuan itu, Raja Abdullah II mengucapkan terima kasih kepada Raja Salman, Kuwait, dan UEA atas dukungan mereka.

Yordania sedang berjuang untuk mengekang utangnya setelah mendapat pinjaman AS$ 723 juta dari IMF pada tahun 2016. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.