Arsitek Ini Lestarikan Situs Kuno Gaza Lewat Sketsa

Wala'a Shublaq membuat sketsa salah satu situs Gaza. (Foto: MEMO)

, MINA – Gaza adalah wilayah yang sering kita dengar, tetapi seberapa banyak yang kita ketahui tentang masa lalu dan sejarahnya?

Ini adalah sesuatu yang ingin diubah oleh Arsitek Wala’a Shublaq saat dia membuat sketsa situs kuno dan membantu di Gaza terhubung kembali dengan masa lalu mereka.

Pembuat sketsa perkotaan berusia 27 tahun ini berharap karyanya juga akan membantu proyek restorasi di masa depan terutama karena beberapa situs dalam keadaan rusak atau terancam rusak oleh di masa depan. MEMO melaporkan, Ahad (23/4).

Ini adalah bagian dari proyek Masar, sebuah proyek penelitian artistik yang bertujuan mempelajari sisa-sisa peradaban sebelumnya di Gaza.

“Proyek ini terutama bertujuan untuk mendokumentasikan situs dan merayakan sejarah dan keasliannya, sebagai bukti identitas asli Palestina,” Wala’a menjelaska.

Ia menambahkan bahwa itu adalah bagian dari sketsa perkotaan yang memungkinkan untuk menyimpan buku harian visual dan merekam lingkungan sekitar Anda.

Sketsa perkotaan melibatkan menggambar saat seseorang menjelajahi suatu area dan terinspirasi oleh sekitarnya.

“Sejumlah besar situs ini sebagian hancur atau dalam keadaan rusak, jadi mendokumentasikannya baik melalui sketsa atau melalui foto menciptakan arsip lengkap yang dapat dirujuk selama pekerjaan renovasi atau jika situs tersebut hilang,” katanya. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.