Asian Games Fun Run Vietnam Diikuti 3.000 Pelari dan 600 Pelajar


Persiapan start 18th di Bac Ninh, Vietnam. (Foto: Humas)

Vietnam, MINA – Guna menggaungkan pelaksanaan Jakarta-Pelembang ke seluruh Asia dan dunia, kegiatan 18th Asian Games Fun Run yang digagas Dewan Olimpiade Asia () pekan ini berlangsung di Ly Thai To Monument, Bac Nich Province, Vietnam.

Acara yang sudah memasuki seri ke-20 itu berlangsung, Ahad (11/3) dan diikuti 3.000 pelari ditambah sekitar 600 pelajar.

sebagai tuan rumah Asian Games 2018 berkepentingan besar terhadap OCA 18th Asian Games Fun Run yang bertujuan mempromosikan pesta olahraga bangsa Asia ini, terutama kepada generasi muda agar mengetahui lebih jauh dan juga terlibat aktif di Asian Games 2018.

Baca Juga:  UNRWA Tolak Tinggalkan Rafah

“Kami menyambut positif 18th Asian Games Fun Run yang kali ini digelar di Vietnam dan diikuti sekitar 3.000 pelari. Saya menilai, sejak 18th Asian Games Fun Run digulirkan OCA, Desember lalu, animo peserta yang ikut di beberapa negara yang sudah dilaksanakan terus meningkat,” ujar Sekjen , Eris Herryanto.

18th Asian Games Fun Run seri Vietnam dibuka oleh Nguyen Duang Bac, Wakil Direktu Departemen Budaya, Olahraga, dan Wisata Bac Ninh. Acara yang juga dihadiri Presiden Koordinator OCA Trkmani Wissam ini tak hanya menggelar lomba lari berbagai kategori, tapi juga pertunjukan seni dan budaya lokal.

Selain itu, panitia pelaksana lokal 18th Asian Games Fun Run juga mengadakan acara sosialisai mengenai olimpiade dan Asian Games bersama lebih dari 400 pelajar tingkat sekolah dasar. INASGOC hadir di acara tersebut dengan diwakili Departemen Hubungan publik dan Media.

Baca Juga:  UEA Datangkan Investor ke Jakarta, Targetkan Nilai Perdagangan Nonmigas Rp159 T

“Tujuan 18th Asian Games Fun Run hari ini untuk mendorong rakyat Vietnam agar mau bersama-sama menjalankan nilai-nilai olimpiade modern, yakni excellent, friendship, dan respect demi kehidupan yang lebih baik. Dengan semangat itu, melalui kegiatan ini kami ingin juga meningkatkan awareness Asian Games di Vietnam,” jelas Nguyen Duang Bac.

Sementara itu, dalam kacamata OCA, penyelenggaraan Asian Games punya tujuan lebih dari sekadar kompetisi perebutan medali.

“Ada yang lebih penting, yakni pertemanan, kerjasama tim dan kebersamaan ini semua dibuktikan dengan response positif terhadap kegiatan Fun Run di benua Asia ini. Asian Games fun Run ini meninggalkan kenangan indah bagi semua peserta Fun Run ini,” tambahnya.

Baca Juga:  Misi Dagang UEA di Indonesia Gali Potensi Peningkatan Perdagangan Non-Minyak

Setelah Vietnam, OCA 18th Asian Games Fun Run akan berlangsung di Saudi Arabia (15/3), Macau; China (25/3), Nepal (10/April), Oman (14-15/4), Kazakstan (22/4), Tajikistan (25/4), Mongolia (14/5), China (18/5), Jepang (20/5), Thailand (17/6), Iran (21/6), Korea (23/6), dan Timor Leste (13/7). (R/R09/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.