Asrama Haji Indramayu Siap Beroperasi Layani 7.890 Jamaah Haji Tahun 2023

Jakarta, MINA – Kementerian Agama memastikan dan melayani 7.890 jamaah pada penyelenggaraan ibadah 1444 H/2023 M.

Hal ini ditegaskan Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab merespon terbitnya persetujuan dari otoritas penerbangan Arab Saudi terkait penggunaan untuk keberangkatan dan kepulangan .

Menurut Saiful, ada sekitar 7.890 jamaah haji yang akan terbang dari Bandara Kertajati. Mereka berasal dari Kabupaten Majalengka, Kuningan, Indramayu, Cirebon, Subang, Sumedang, dan Kota Cirebon.

“Asrama haji Indramayu siap memberikan pelayanan bagi 7.890 jamaah haji Jawa Barat, baik saat keberangkatan maupu kepulangan,” katanya di Jakarta, Kamis (2/3).

Menurut Saiful, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Hukum dan HAM, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Otoritas Bandara, Angkasa Pura serta Perwakilan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada 11 Februari 2023.

Baca Juga:  Kontingen MTQ Kota Bogor Dapat Anggaran Kadeudeuh

Selain membahas persiapan, saat itu juga dilakukan simulasi layanan untuk keberangkatan dan kepulangan jamaah haji yang akan menggunakan Asrama Haji Indramayu dan Bandara Kertajati sebagai embarkasi haji.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab mengatakan simulasi ini dalam rangka persiapan penyelenggaraan ibadah haji Tahun 1444H/2023M, khususnya penyiapan Bandara Kertajati sebagai Embarkasi Haji.

Selain pihak Arab Saudi General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi dalam waktu dekat juga akan melakukan kunjungan ke Bandara Kertajati dan Asrama Haji untuk memastikan kesiapannya.

“Termasuk memastikan posisi proses custom, immigration, and quarantine (CIQ), agar tidak menyulitkan selama proses pemberangkatan jamaah haji. Untuk sementara, tahun ini proses clearance CIQ dilaksanakan di Bandara Kertajati karena keterbatasan fasilitas asrama haji,” imbuhnya. (R/R5/R1)

Baca Juga:  Menlu Retno Bahas Persiapan Evakuasi WNI di Timur Tengah

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.