AYLAN KURDI BOCAH 3 TH PENGUNGSI SURIAH TEWAS DI PANTAI TURKI

bocah foto evokeAnkara, 20 Dzulqa’dah 1436/4 September 2015 (MINA) – Aylan Kurdi (3 th) dan kakaknya Galip Kurdi  (5 th), ditemukan meninggal setelah perahu penuh pengungsi yang mereka tumpangi tenggelam.

Anak tersebut termasuk ke dalam sejumlah dalam perjalanan mereka ke Kepulauan Yunani, lalu kapalnya tenggelam, dan mereka terdampar di Pantai Bodrum, Turki, ditemukan tewas, Rabu (2/9).

Galip dan Aylan meninggal di atas kapal dengan ibu mereka, Rehan, sementara ayah mereka, Abdullah, selamat.

Keluarga mereka dilaporkan melarikan diri dari Kobane, sebuah kota Suriah, yang rawan konflik karena pertempuran sengit antara Kurdi dan ISIS, sejak tahun lalu.

Abdullah mengatakan hanya keinginannya sekarang adalah kembali ke Kobane, lalu mengubur keluarganya di sana.

Baca Juga:  Prancis Kecam Israel Serang Bantuan Yordania untuk Gaza

Menurut Islamic News, dikonfirmasi korban lainnya termasuk 5 anak dan 1 perempuan. Sementara 7 orang berhasil diselamatkan dan 2 mencapai pantai.

Skala krisis pengungsi Suriah dilaporkan masih kesulitan mencari jalan keluar. Sekitar 11 juta orang atau setengah dari penduduk Suriah mengalami nasib tragis, sebagian tewas dan lainnya terpaksa meninggalkan rumah mereka sejak konflik Suriah dimulai pada tahun 2011. Sekitar 4 juta telah dipaksa keluar negara sebagai pengungsi.

Tentara Turki menyatakan bahwa tim pencarian telah menyelamatkan ratusan pengungsi di laut antara Turki dan pulau-pulau Yunani selama beberapa hari terakhir. Tercatat puluhan ribu warga Suriah melarikan diri akibat perang di tanah air mereka, pergi melalui pantai Aegean Turki dalam upaya untuk mencapai Yunani.

Baca Juga:  Prancis Kecam Israel Serang Bantuan Yordania untuk Gaza

Badan-badan bantuan memperkirakan bahwa selama bulan lalu, sekitar 2.000 orang per hari telah melakukan penyeberangan singkat ke pulau-pulau bagian timur Yunani dengan perahu karet.

Dalam konteks terkait, Wakil Menteri PBB untuk Urusan Kemanusiaan mengatakan pada Selasa (1/9) bahwa badan-badan bantuan hanya menerima sepertiga dari dana yang dibutuhkan untuk Rencana Tanggap Suriah. (T/P005/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0