BANK DUNIA TEGASKAN KESEDIAAN BEKERJASAMA DENGAN AIIB

Penandatanganan pendirian AIIB di Beijing
Penandatanganan pendirian AIIB di Beijing

Washington, 10 Muharram 1437/23 Oktober 2015 (MINA) – Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim mengatakan, Kamis, bank tersebut
berharap untuk meningkatkan kerjasama dengan Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB).

Saat bertemu dengan Calon Presiden AIIB, Jin Liqun, Jim mengatakan “Saya berharap untuk lebih memperkokoh hubungan kita yang kuat saat ini dan mengidentifikasi bidang-bidang tertentu bagi kerjasama di masa depan, termasuk kemungkinan pembiayaan bersama.”

Jin yang melakukan debutnya di Washington, Rabu, mengatakan AIIB bukanlah saingan Bank Dunia dan bank pembangunan multilateral lainnya yang ada sekarang ini, tetapi akan bekerja sama secara erat dengan mereka.

“Mudah-mudahan AIIB juga akan menjadi dorongan untuk proses reformasi di lembaga-lembaga tersebut,” tambahnya, saat berpidato di Brookings Institution, sebuah kelompok think tank yang berbasis di Washington.

Ia mengatakan lembaga multilateral pimpinan itu akan dibangun menjadi tipe baru bank pembangunan dengan “tata kelola abad ke-21.”

Bank Dunia mengatakan dalam sebuah pernyataan, Kamis, pihaknya telah memberikan bantuan ekstensif kepada AIIB untuk membantu kesiapannya berbisnis, Mi’raj Islamic News Agency (MINA), mengutip Xinhua, melaporkan.

Kedua lembaga sama-sama bertujuan menyediakan pembiayaan infrastruktur yang sangat dibutuhkan untuk membantu negara-negara meningkatkan ekonomi mereka, meningkatkan pelayanan bagi rakyat mereka, menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan, kata pernyataan itu.

The AIIB memiliki 57 negara calon pendiri, termasuk beberapa sekutu AS dan akan memiliki modal dasar 100 miliar dolar AS.

Lembaga keuangan multilateral ini diharapkan akan mulai beroperasi pada akhir tahun ini.

Pemerintah akan mendaftar menjadi anggota pendiri AIIB dengan investasi US$672,1 juta yang akan dibayar selama lima tahun. Indonesia akan menjadi pemegang saham terbesar ke-8 di AIIB. (T/R07/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)
Date : 23/10/2015

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0