BANTUAN TUNAI ARAB SAUDI UNTUK 10.000 WARGA GAZA

Arab Saudi Berikan Bantuan Rekonstruksi Gaza (Foto : MEMO)
Arab Saudi Berikan Bantuan Rekonstruksi Gaza (Foto : MEMO)

Gaza, 14 Rabi’ul Akhir 1436/4 Februari 2015 (MINA) – Badan PBB, UNRWA, telah menerima dana sebesar 13.500.000 dollar AS dari  Arab Saudi untuk dibagikan secara tunai kepada 10.000-keluarga  Palestina terkena dampak serangan militer Israel terhadap yang diblokade tahun lalu.

Juru Bicara UNRWA, Adnan Abu Hassana , menjelaskan di Gaza, Selasa, ini adalah bagian dari bantuan yang sudah dijanjikan Arab Saudi untuk rekonstruksi Gaza. Sebelumnya  negara ini menjanjikan bantuan sebanyak 500 juta dolar AS untuk rekontruksi Gaza.

Sementara itu  pekerjaan rekonstruksi telah dihentikan sementara karena seretnya bantuan dari fihak-fihak yang sebelumnya telah menyatakan akan memberikan bangtuan, demikian Middle East Monitor (MEMO) yang diberitakan Mi’raj Islamic News Agency (MINA). Rabu (4/2).

Dana sumbangan terbaru Arab Saudi telah ditransfer ke rekening bank atas nama  UNRWA di Gaza, dan akan didistribusikan kepada keluarga korban hari Rabu ini. kata Adnan Abu Hassana.

Oktober lalu, Riyadh menjanjikan 500 juta dollar AS saat konferensi donor internasional yang diadakan di Kairo untuk pembangunan kembali Jalur Gaza.

Minggu yang lalu, UNRWA mengatakan, terpaksa menunda program bantuan tunai di Gaza. Program tersebut telah melayani puluhan ribu yang tidak mampu untuk memperbaiki rumahnya yang hancur akibat serangan Zionis Israel pada musim panas lalu.

UNRWA telah menerima bantuan untuk membangun kembali Jalur Gaza menyusul serangan Israel, yang menewaskan 15.671 unit rumah rusak, termasuk 2,276 yang hancur total, menurut angka resmi Palestina.

Selama 51-hari serangan yang diluncurkan dengan tujuan untuk menghentikan serangan roket dari Gaza terhadap Israel, hingga menewaskan lebih dari 2.160 warga Gaza tewas kebanyakan warga sipil dan  11.000 orang luka-luka.

UNRWA memberikan bantuan dan perlindungan kepada 5 juta pengungsi Palestina yang terdaftar, lebih dari setengah juta warga Gaza berada diblokade Israel. (T/P002/P2).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0