Bentrokan Meletus antara Tentara Suriah dengan Turki

Ras al-Ain, MINA – Pertempuran antara pasukan militer Suriah dan tentara Turki meletus di dekat Ras al-Ain ketika tentara Turki merebut desa-desa di sekitar kota perbatasan.

Kelompok bersenjata yang didukung Turki mengatakan ada bentrokan antara kedua militer dalam beberapa hari terakhir di selatan kota yang direbut Turki dari pasukan pimpinan Kurdi Suriah awal bulan ini. Demikian Al Jazeera melaporkan.

Sementara itu, sedikitnya delapan orang tewas pada Kamis (31/10) ketika sebuah bom mobil meledak di pasar yang sibuk di kota Afrin, Suriah barat laut, di bawah kendali kelompok pemberontak yang didukung Turki, kata saksi mata. Ledakan itu juga melukai setidaknya 30 orang.

Baca Juga:  Santri dan Warga Aceh Lakukan Aksi Bela Palestina di Masjid Raya Baiturrahman

Militer Turki dibantu oleh sekutu milisi oposisi Suriahnya merebut Afrin, kota yang sebagian besar orang Kurdi, dari milisi Kurdi YPG pada Maret 2018 dalam serangan besar-besaran. Pasukan Turki sejak itu telah membangun zona penyangga di dalam wilayah utara Suriah yang memanjang di sepanjang sebagian besar perbatasan negara.

Video yang diunggah di media sosial menunjukkan kerusakan luas pada area pasar dengan api yang membakar.

Ledakan mobil serupa sering menghantam daerah-daerah sipil yang ramai di kota-kota berpenduduk mayoritas Arab di dekat perbatasan dengan Turki di bawah kendali pasukan yang didukung Turki.

Warga dan pasukan oposisi di barat laut yang dikuasai oposisi menyalahkan milisi YPG atas serangan itu. Pasukan pimpinan Kurdi mengatakan mereka terlibat dalam kampanye gerilya melawan pasukan Turki tetapi menyangkal mereka menargetkan warga sipil. (T/R11/P2)

Baca Juga:  AWG Gelar Demo Peringatan Nakba ke-76 di Depan Kedubes AS

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Syauqi S

Editor: Widi Kusnadi