BNPB: Banjir di Kabupaten Bungo Jambi Rendam 485 Rumah

Ilustrasi banjir. (Dok. Istimewa)

Kabupaten , MINA –  setinggi 20 hingga 60 cm di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, pada Jumat (16/2) merendam .

Banjir terjadi dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan Sungai Batang Uleh, Batang Tebo dan Batang Jujuhan meluap pukul 09.25 WIB.

Laporan dari Pusat Pengendalian Operasi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Senin (19/2), terdapat 485 KK atau 1.550 jiwa terdampak, sedangkan kerugian materil sebanyak 485 rumah terendam.

Wilayah terdampak banjir terdapat 7 Kecamatan meliputi Kecamatan Jujuhan Ilir, Tanah Tumbuh, Tanah Sepenggal, Bungo Dani, Bathin III, Pasar Muaro Bungo dan Bathin II Babeko, demikian keterangan yang diterima MINA.

Sementara itu informasi dari Kepala Pelaksana Kabupaten Bungo, Zainadi melalui sambungan telepon pada Ahad  (18/2), mengatakan bahwa Sungai Batang Tebo pada Ahad pagi masih meningkat dan curah hujan masih terjadi di sebagian besar wilayah Kabupaten Bungo.

Baca Juga:  Ratusan Mahasiswa UI Berkumpul di Perkemahan Solidaritas Palestina

Zainadi mengatakan, kondisi tinggi debit air pada saat ini sudah mulai turun, tetapi air masih merendam sebagian besar rumah warga yang terdampak banjir. Upaya penanggulangan bencana BPBD Kabupaten Bungo melakukan pendataan korban terdampak.

“Masih ada pengungsi sebanyak 472 Jiwa, para pengungsi Sebagian tinggal di rumah saudara, tetangga dan sebagian lainnya berada di tenda pengungsian. (R/R8/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.