BSI dan Rindam Adakan Pelatihan Bela Negara untuk Pelajar di Aceh

, MINA –  PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) melalui BSI Maslahat menyelenggarakan selama Sabtu-Ahad (8-9/7) di Rindam Iskandar Muda, Jalan Jendral Sudirman Mata le, Ds. Lheu Ue, Kec. Darul Imarah, Kab. Aceh Besar. Pelatihan bekerjasama dengan Rindam Iskandar Muda.

Tujuannya untuk membangun dan melatih kedisiplinan, tanggung jawab, kepemimpinan dan pengetahuan NKRI serta meningkatkan rasa nasionalisme siswa.

Acara dibuka dengan upacara apel pagi bersama 66 pelajar penerima Beasiswa melalui program Sahabat Pelajar BSI Maslahat tingkat SMA sederajat.

Hadir Institutional Banking and Government Relationship Deputy Bank Syariah Indonesia (BSI) Aceh, Saiful Musadir; Komandan Rindam Iskandar Muda. Kolonel Infantri Trijoko Adiwiyono; dan Direktur Innovation & Empowerment BSI Maslahat, Fauzi Indrianto.

“Alhamdulillah, pelatihan bela negara selama dua hari di Rindam Iskandar Muda Aceh sukses dilaksanakan. Sebanyak 66 peserta program Sahabat Pelajar BSI Maslahat tingkat SMA sederajat telah mengikuti kegiatan dengan khidmat,” kata Komandan Rindam Iskandar Muda. Kolonel Infantri Trijoko Adiwiyono.

Institutional Banking and Government Relationship Deputy Bank Syariah Indonesia (BSI) Aceh, Saiful Musadir berharap program ini bisa membentuk sikap disiplin membangun solidaritas, engagement dengan sesama awardee Sahabat Pelajar BSI Maslahat. “Selain itu bisa membentuk mental, fisik yang tangguh siswa binaan,” ucap Saiful.

Pelatihan Bela Negara merupakan bagian dari kurikulum program pembinaan Sahabat Pelajar BSI Maslahat yang bertujuan meningkatkan rasa nasionalisme siswa binaan Sahabat Pelajar BSI Maslahat. Penyelenggaraan kegiatan ini bekerjasama dengan Rindam Iskandar Muda.

Program Sahabat Pelajar merupakan program beasiswa Pendidikan yang disiapkan BSI Maslahat untuk tingkat SMP dan SMA sederajat yang ditujukan untuk siswa yang tidak mampu yang bertujuan untuk membentuk generasi yang baik secara akademik dan spiritual, berakhlak Islami serta memiliki kemandirian.

Sampai akhir 2022, total jumlah mitra sekolah Sahabat Pelajar BSI Maslahat adalah sebesar 225 sekolah dengan total mentor sebanyak 212 mentor. Untuk total penerima manfaat Sahabat Pelajar BSI Maslahat selama tercatat sebesar 3.295 pelajar.
BSI hadir sebagai sahabat finansial, social dan spiritual bagi seluruh stakeholder.

Hal tersebut adalah salah satunya diwujudkan melalui pengumpulan dan pendayagunaan zakat perusahaan sehingga dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat. Alhamdulillah selama 2022 lalu, PT Bank Syariah Indonesia (BSI) menunaikan zakat perusahaan sebesar Rp173,07 miliar.

Total yang dibayarkan itu merupakan akumulasi dari zakat laba perusahaan sebesar Rp141,40 miliar dan zakat pegawai Rp 31,66 miliar. Zakat yang disetorkan perseroan tahun ini tercatat lebih besar 41,2% dibanding tahun sebelumnya yang hanya Rp122,5 miliar. Salah satunya penyaluran zakat ini adalah untuk program pendidikan Sahabat Pelajar yang dikelola BSI Maslahat.

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya. Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat.

Melalui Goamal.org pembayaran donasi bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Selain itu dapat memilih program yang ingin didonasikan. (R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.