CBC: Badan Amal Yahudi Kanada Danai Proyek Militer Israel

Ottawa, MINA – Stasiun televisi dan radio Canadian Broadcasting Corporation (CBC) mempublikasikan sebuah temuan tentang yayasan amal Yahudi di Kanada, yang telah diselidiki karena menggunakan donasinya untuk membangun infrastruktur bagi pasukan Israel.

Dana Nasional Yahudi (JNF) Kanada, salah satu badan amal yang telah lama berdiri di negara itu  melanggar aturan pajak Kanada, demikian Al Jazeera melaporkan yang dikutip MINA.

JNF telah menjadi subyek audit Badan Pendapatan Kanada setelah pengaduan diajukan pada Oktober 2017.

CBC melaporkan pada Jumat (4/1), JNF mendanai banyak proyek di Israel, disamping upaya reboisasi di daerah-daerah yang dilanda kebakaran hutan, juga mendanai proyek infrastruktur pada pangkalan militer Israel, pangkalan udara dan laut.

Aktivitas mereka melanggar hukum Kanada yang melarang dana amal untuk mendukung tentara asing.

Artikel CBC merinci banyak aspek yang mengganggu dari proyek amal tersebut.

JNF juga berkontribusi langsung pada pembangunan sebuah pos pemukim puncak bukit, yang menurut hukum internasional dan Israel sendiri dianggap ilegal.

Menurut CBC, tahun lalu, organisasi itu mengungkapkan kepada para donor bahwa mereka telah diaudit oleh Badan Pendapatan Kanada. Dikatakan pula, mereka telah menghentikan pendanaan proyek-proyek itu pada tahun 2016. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)