Cina Dukung Negara Palestina Merdeka dengan Ibukota Yerusalem

Riyadh, MINA – Presiden Cina Xi Jinping menegaskan dukungan negaranya untuk pendirian negara merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya, atas dasar dari solusi dua negara.

Xi mengatakan KTT Riyadh Arab-Tiongkok Pertama untuk Kerjasama dan Pembangunan di ibu kota Saudi, Riyadh, Jumat malam (9/12/2022).

Ia juga mengarakan perlunya memberikan Palestina “keanggotaan penuh di PBB.” Quds Press melaporkan.

“Tidak mungkin untuk melanjutkan ketidakadilan historis yang diderita warga Palestina, atau untuk mengkompromikan hak-hak sah mereka,” ujarnya.

Xi menganggap KTT Cina-Arab yang diadakan di Riyadh sebagai “peristiwa yang menentukan dalam sejarah hubungan China-Arab.”

Dia mengapresiasi tingkat hubungan antara negaranya dan negara-negara Arab, “didasarkan pada kepentingan perdamaian dan keharmonisan, serta untuk dialog antar peradaban.”

Baca Juga:  Demonstrasi Mahasiswa Bukti Lemahnya Zionis Israel

-Cina hadir dalam rangka kunjungan Presiden Tiongkok Xi Jinping ke Arab Saudi, yang dimulai Rabu lalu dan akan berlanjut hingga Sabtu (10/12/2022).

Kementerian Luar Negeri Cina menyatakan, KTT China-Arab pertama adalah diplomasi terbesar dan tertinggi antara Cina dan dunia Arab sejak berdirinya RRC, serta tonggak sejarah Cina-Arab hubungan. (T/RS2/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.