Demonstran Antikorupsi Lebanon Bersatu di Beirut

Beirut, MINA – Para pemrotes antikorupsi Lebanon berbondong-bondong ke Riad Al-Solh dan Martyr Square di Beirut pada Ahad (3/11) untuk mengambil bagian dalam demo pusat yang dinamai “Ahad Bersatu” dan “Ahad Tekanan”.

Ketika para pengunjuk rasa dari seluruh Lebanon bergabung dengan para demonstran di pusat kota Beirut, demonstrasi antikorupsi berlanjut di kota Tripoli di utara, Tirus dan Sidon di selatan, serta di Aley di Gunung Lebanon, demikian Nahar Net melaporkan.

Aktivis telah menyerukan satu juta pemrotes di pusat kota Beirut.

Demonstran lain juga berbaris dari kota selatan Kfar Rumman menuju kota Nabatiyeh.

Sebelumnya pada hari itu, ribuan pendukung Gerakan Patriotik Kebebasan berkumpul di dekat Istana Baabda untuk mendukung Presiden Michel Aoun.

Berbicara di demo Baabda, Aoun meminta warga untuk bersatu di belakang reformasi setelah lebih dari dua pekan protes antikorupsi nasional yang menjatuhkan pemerintah.

Demonstrasi lintas sektarian yang belum pernah terjadi sebelumnya itu telah mencengkeram Lebanon sejak 17 Oktober, menuntut perombakan total sistem politik yang dianggap tidak efisien dan korup.

Perdana Menteri Hariri telah mengundurkan diri pada Selasa (29/10), tetapi pengunjuk rasa mengatakan itu tidak cukup.

Bersama sekutu-sekutunya termasuk partai kuat Hizbullah, partai politik Aoun memegang mayoritas di parlemen. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.