Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Demonstrasi pro-Palestina Terjadi di Kota-Kota Eropa

Rudi Hendrik - Ahad, 31 Maret 2024 - 20:58 WIB

Ahad, 31 Maret 2024 - 20:58 WIB

4 Views

Unjuk rasa pro-Palestina di London, Inggris, diikuti ribuan orang pada Sabtu, 30 Maret 2024. (Gambar: Sreecgrab video Sky News)

London, MINA – Puluhan ribu demonstran pro-Palestina turun ke jalan di beberapa kota Eropa pada hari Sabtu (30/3), termasuk London, Paris, Berlin, Kopenhagen dan Amsterdam, serta di tempat lain.

Aksi unjuk rasa menyerukan izin bantuan masuk ke Jalur Gaza yang diblokade dan menuntut gencatan senjata, karena mereka juga memperingati 48 tahun Hari Tanah. MEE melaporkan.

Protes besar di wilayah Galilea Israel pada tahun 1976, di mana pasukan Israel membunuh enam warga Palestina, menandai pertama kalinya warga Palestina di Israel berorganisasi secara kolektif menentang kebijakan perampasan tanah Israel.

Pada Sabtu sore, di bawah slogan “hentikan perang di Gaza”, ribuan warga Palestina berbaris melalui kota Deir Hanna di Palestina, salah satu kota di Israel di mana tindakan keras paling kejam terhadap pengunjuk rasa terjadi pada tanggal 30 Maret 1976.

Baca Juga: Australia, Selandia Baru, dan Kanada Desak Gencatan Senjata di Gaza

Pawai London dimulai di Russell Square sekitar tengah hari dan berakhir di Trafalgar Square.

Mantan pemimpin buruh Jeremy Corbyn ikut serta dalam pawai tersebut, dan beberapa pengguna mengunggah video partisipasinya di X, yang sebelumnya bernama Twitter.

Aktor The Crown, Khalid Abdalla dan komedian Alexei Sayle memberikan pidato selama pawai.

Polisi Metropolitan London menetapkan rencana keamanan ekstensif untuk pawai tersebut, yang berlangsung selama liburan Paskah akhir pekan.

Baca Juga: Kelompok Pro Palestina di Prancis Rencanakan Aksi Protes di Pembukaan Olimpiade Paris 2024

Protes serupa di berbagai kota di Eropa diselenggarakan untuk mengekspresikan solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza.

Di luar Eropa, protes terjadi di Beirut, Rabat dan Istanbul, di kota-kota besar Amerika, termasuk New York, dan juga di Pakistan.

Sementara di Paris, pawai dimulai di Place de la Republique dan berakhir di Place de la Bastille. Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera dan spanduk Palestina yang menyerukan Israel untuk menghentikan pembantaian di Gaza, sambil meneriakkan slogan-slogan pro-Palestina.

Di Amsterdam, para pengunjuk rasa mendesak pemerintah mereka untuk menuntut pertanggungjawaban Israel atas kejahatannya di Gaza. Pawai tambahan direncanakan di kota-kota Belanda lainnya, termasuk Rotterdam. (T/RI-1/P2)

Baca Juga: Ratusan Aktivis Yahudi Amerika Serukan Negaranya Embargo Senjata ke Israel

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda