Desra Percaya: KTT IORA Ciptakan Keamanan, Stabilitas dan Kesejahteraan di Kawasan

Foto: Kemlu

 

Jakarta, 6 Jumadil Akhir 1438/5 Maret 2017 (MINA) – “Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (IORA) adalah untuk meningkatkan komitmen negara-negara anggota IORA buat menciptakan keamanan dan stabilitas kawasan demi kesejahteraan bersama,” demikian Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri RI,  ,dalam sambutan pembukaan pada IORA Committee of Senior Officials Meeting (CSOM).

​Pertemuan Pejabat Tinggi IORA (CSOM) pada  Ahad 5 Maret dari pagi hingga siang hari ini, merupakan rangkaian menjelangi Konferensi Tingkat Tinggi IORA (), untuk mempersiapkan materi buat Pertemuan Tingkat Menteri (Council of Ministers’ Meeting) dan KTT IORA l 6-7 Maret 2017, di Jakarta. Demikian keterangan pers Kemlu RI.

Dalam pertemuan Ahad ini dibahas persiapan dokumen kedua pertemuan yang akan diadakan yaitu Declaration on Preventing and Countering Terrorism and Violent Extremism and Finalisasi IORA Action Plan dan IORA Concord.

Indian Ocean Rim Association: Promoting Regional Cooperation for a Peaceful, Stable and Prosperous Indian Ocean telah disepakati untuk disebut sebagai Jakarta Concord akan disampaikan pada pertemuan Tingkat Menteri esok hari untuk kemudian disahkan pada tingkat Kepala Negara. Di samping membahas outcome documents penting tersebut, Dirjen Aspasaf akan melaporkannya pada Council of Ministers’ Meeting esok hari.

KTT IORA mengangkat tema “Strengthening Maritime Cooperation for a Peaceful, Stable and Prosperous Indian Ocean” (Memperkuat Kerjasama Maritim untuk Samudra Hindia yang Damai, Stabil dan Makmur) dan merupakan Pertemuan IORA tingkat Kepala Negara/Pemerintahan yang pertama kalinya sejak IORA didirikan 20 tahun yang lalu.

KTT IORA dihadiri oleh 16 VVIP (yang terdiri Presiden, Perdana Menteri, Wapres, dan Wakil Perdana Menteri) dari 21 negara anggota IORA, 7 mitra wicara IORA, dan sejumlah organisasi internasional dan negara tamu yang memiliki ikatan kuat dengan Samudra Hindia.

Indonesia berinisiatif menyelenggarakan KTT IORA untuk mempererat kerjasama dan meningkatkan komitmen negara-negara anggota IORA menjawab tantangan dalam menciptakan suasana kondusif di Samudra India sebagai Samudra masa depan.(T/R04/P1)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.