DEWAN ISLAM THAILAND: PROSPEK PRODUK HALAL INDONESIA-THAILAND BAGUS

LPPOM_MUI_WARNA

LPPOM_MUI_WARNABogor, 12 Sya’ban 1435/10 Juni 2014 (MINA) – Pimpinan Dewan Islam Provinsi Samutprakam (Thailand), Samsuree Imron mengatakan prospek perdagangan produk Thailand -Indonesia sangant bagus.

“Kami sebagai pimpinan masyarakat Muslim Thailand, dapat menerima produk yang telah disertifikasi halal di Indonesia”, kata Samsuree Imron saat berkunjung ke kantor LPPOM MUI gedung Global Halal Center di Bogor, Selasa.

Namun, kami masih mempertanyakan mengapa produk yang telah disertifikasi halal oleh lembaga kami, tidak dapat langsung diterima masuk ke Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Sumunar Jati menjelaskan, MUI telah memberikan endorsmen (rekomendasi) kepada beberapa lembaga sertifikasi luar negeri. “Jika produk sudah disertifikasi mereka, otomatis diterima MUI,”katanya.

Imam masjid serta pimpinan Dewan Islam Provinsi Samutprakam itu menambahkan, di provinsi Samutprakam terdapat kawasan industri terkemuka di Thailand yang banyak menghasilkan produk pangan untuk konsumsi domestik maupun diekspor ke luar negeri, termasuk ke Indonesia.

Untuk proses sertifikasi halalnya dilakukan oleh Managemen Halal yang berada di bawah Dewan Islam Provinsi.

“Maka kami berkunjung ke kantor LPPOM MUI di Global Halal Centre (GHC) ini untuk bersilaturahim sebagai sesama lembaga keislaman.

Sekaligus bermaksud untuk mempelajari lebih lanjut tentang proses sertifikasi halal yang dilakukan oleh LPPOM MUI,” ujar tokoh Muslim Thailand ini yang memimpin rombongan 40 orang dan pengurus Managemen Halal maupun Dewan Islam provinsi Samutprakam di Thailand.(L/P012/P04)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: kurnia

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0