Doa Meminta Rezeki yang Berlimpah dan Halal Untuk Keberkahan Hidup

Oleh : Ust. , Da’i Lembaga Bimbingan Ibadah dan Penyuluhan Islam (LBIPI) Ponpes Al-Fatah Cileungsi, Bogor, Jabar

Kita sebagai orang beriman tentu sangat mengharapkan memperoleh rezki yang halal, tayyib (baik), berlimpah lagi berkah. Baik sedikit apalagi banyak, yang penting halal, akan berdampak pada keberkahan kehidupan. Banyak tapi halal, itu jauh lebih baik daripada sedikit tapi haram.

Untuk memperkuat harapan itu, ada beberapa doa meminta rezeki yang berlimpah, yang terdapat di dalam Al-Quran dan Al-Hadits yang dapat kita ucapkan setelah shalat atau pada waktu-waktu tertentu.

Berikut beberapa di antaranya :

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكاً لَا يَنْبَغِيْ لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِى إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (QS Shaad [38]: 35).

Doa ini dikenal dengan ‘Alaihis Salam. Doa ini diucapkan oleh Nabi Sulaiman ‘Alaihis Salam setelah sembuh dari sakitnya. Nabi Sulaiman menyadari kelemahan yang ada pada dirinya. Nabi Sulaiman telah kehilangan waktu yang utama untuk melakukan ibadah, hanya karena menyaksikan latihan kuda.

Lalu Nabi Sulaiman ‘Alaihis Salam berdoa kepada Allah agar dianugerahi kerajaan yang tidak ada tandingannya, yang tak akan dimiliki oleh seorang jua pun sesudahnya.

Kita tentu bukan hendak mendapatkan kerajaan seperti Nabi Sulaiman ‘Alaihis Salam. Namun bisa dimaknakan juga kita ingin rezki yang melimpah, yang dapat digunakan untuk menguatkan ibadah dan perjuangan di jalan Allah.

Doa meminta rezeki yang berlimpah lainnya, bisa juga seperti pada ayat :

رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِنْكَ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Artinya: “Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu bagi orang orang yang bersama kami dan yang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan engkau, beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki yang paling utama.” (QS Al-Maidah [5]: 114).

Doa ini dipanjatkan oleh Nabi Isa ‘Alaihis Salam putra Maryam menjawab permohonan para sahabat-sahabat pembelanya (al-hawariyyun). Nabi Isa memohon agar dapat menguasai semua urusan, mendapatkan rezki yang penuh kenikmatan dan penuh keberkahan dari langit.

Kitapun dapat berdoa dengan doa Nabi Isa ‘Alaihis Salam ini sebagai doa meminta rezeki yang berlimpah, berharap mendapatkan rezki yang halal, baik, lagi berkah.

Ada doa meminta rezeki yang berlimpah lainnya :

رَّبِّ اَنْزِلْنِيْ مُنْزَلًا مُّبٰرَكًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِيْنَ

Artinya: Dan berdoalah: Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat”. (QS Al-Mu’minun [23] : 29).

Ini merupakan doa Nabi Nuh ‘Alaihis Salam agar Allah menempatkan pada tempat yang diberkahi, dalam hal ini perahu besar yang dapat menyelamatkannya dan orang-orang beriman dari kaumnya dari banjir bandang.

Doa Nabi Nuh ‘Alaihis Salam ini pun dapat kita ucapkan sebagai doa meminta rezeki yang berlimpah, berkah dan menyelamatkan kehidupan dunia dan akhirat.

Ada juga doa yang terdapat di dalam hadits, antara lain :

اَللّٰهُمَّ اَكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Artinya: “Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karunia-Mu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.” (HR Ahmad).

Ada juga doa meminta rezeki yang berlimpah lainnya :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Artinya : “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezki yang halal dan amal yang diterima.” (HR Ibnu Majah).

Demikian beberapa doa meminta rezeki yang berlimpah, mengharapkan rezki yang halal, tayyib dan berkah. Tentu masih banyak doa lainnya yang dapat kita sampaikan kepada Allah Yang Maha Kaya, baik dari ayat, hadits, ulama maupun bahasa kita sendiri.

Semoga Allah memberikan karunia kepada kita rezeki yang berlimpah, rezki yang halal, tayyib, lagi berkah. Aamiin. (A/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.