Dokumen Rahasia Militer AS Bocor, Ungkap NATO Pertahankan Pasukan Khusus di Ukraina

Tentara Pasukan Khusus Inggris di Ukraina. (Foto: dok. Press TV)

London, MINA – NATO mempertahankan 97 personel pasukan khusus di Ukraina, termasuk 50 pasukan Inggris, 14 Amerika Serikat, dan 15 Prancis, di tengah perang di negara itu, menurut dokumen rahasia militer AS yang bocor secara online.

Dokumen-dokumen itu tampaknya menawarkan gambaran parsial dari penilaian militer AS tentang keadaan konflik Ukraina dan dukungan Barat untuk Kiev, dan mengungkapkan kehadiran pasukan NATO di negara itu pada 1 Maret 2023, harian Guardian yang berbasis di Inggris dan outlet media Inggris lainnya melaporkan, Selasa (11/4/2023).

Dokumen-dokumen itu diberi label “rahasia” dan telah disiapkan untuk pejabat senior militer AS, kata surat kabar itu, menunjukkan bahwa itu berisi informasi tentang operasi militer NATO, logistik, pengiriman senjata, dan pelatihan untuk pasukan Ukraina.

File yang bocor lebih lanjut menunjukkan bahwa pasukan khusus dapat menjadi bagian dari Komando Pasukan Khusus NATO yang dikoordinasikan oleh markas besar operasi khusus aliansi militer, meskipun rincian yang tepat tentang bagaimana pasukan diatur tidak ditentukan.

Outlet berita Inggris lainnya, Declassified UK, mengatakan 14 operator khusus AS di Ukraina termasuk di antara 29 personel militer Amerika yang hadir di negara itu, termasuk detasemen keamanan Marinir di Kedutaan Besar AS di Kiev dan atase militer.

Lebih lanjut terungkap bahwa 71 personel Departemen Luar Negeri lainnya juga terdaftar berada di Ukraina, berjumlah total 100 orang Amerika di negara itu, meskipun Washington bersikeras bahwa tidak ada pasukan Amerika yang akan mengambil bagian dalam konflik Ukraina.

Declassified lebih lanjut mengatakan bahwa dokumen rahasia yang bocor itu ditandai “tidak dapat dirilis ke warga negara asing.”

Sedangkan pasukan khusus Inggris termasuk SAS, Layanan Kapal Khusus, Resimen Pengintaian Khusus, serta beberapa unit militer rahasia lainnya seperti Resimen Sinyal 18 (UKSF).

Unit-unit, yang melakukan operasi penyamaran serta operasi pengawasan dan pengintaian rahasia, adalah organisasi paling rahasia dalam militer Inggris, dan tidak seperti dinas intelijen Inggris, Pasukan Khusus tidak tunduk pada pengawasan parlemen eksternal. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf