Dorong Peningkatan Kerja Sama, Dubes Indonesia Hery Saripudin Bertemu Wakil Presiden Kenya

(Foto: KBRI Nairobi)

Nairobi, MINA – Duta Besar Indonesia untuk , Dr. Mohamad Hery Saripudin bertemu dengan Wakil Presiden Kenya, Y.M. William Ruto, untuk membahas berbagai upaya peningkatan kerja sama antara Indonesia-Kenya, Kamis (27/1).

“Kami sangat mengapresiasi komitmen Kenya untuk mendorong peningkatan kerja sama bilateral dengan Indonesia, terutama dengan pembukaan Kedubes Kenya yang baru di Jakarta,” ungkapnya dalam rilis yang diterima MINA, Jumat.

Lebih lanjut, Dubes Hery menyampaikan dorongan agar momentum peresmian Kedutaan Besar Kenya di Jakarta dapat dimanfaatkan seluruh pemangku kebijakan kedua negara untuk berkunjung ke Indonesia dan mencari peluang kerja sama yang memberikan manfaat langsung bagi masyarakat.

Wapres Ruto menyampaikan kesiapan Kenya untuk bekerja sama dengan Indonesia di segala bidang.

“Kenya ingin sekali belajar kepada Indonesia terkait pemanfaatan teknologi digital di mana banyak sekali unicorn yang tumbuh di sana,” katanya.

Wapres Ruto juga menyampaikan harapan Kenya untuk dapat belajar mengelola pelayanan kesehatan dan penyediaan rumah murah (low-cost housing) mengingat Indonesia sebagai negara berpenduduk keempat terbesar dunia dengan 270 juta jiwa.

“Pengalaman Indonesia, sebagai sesama negara berkembang, dalam mengelola kedua sektor tersebut dapat menjadi masukan yang sangat berharga bagi Kenya. Kami juga sangat mengharap adanya investor Indonesia berpartisipasi dalam dua sektor tersebut,” tambahnya.

Lebih lanjut, Wapres Ruto juga menyampaikan keinginan Kenya untuk bekerja sama dengan Indonesia di bidang pertanian, termasuk di antaranya di sektor kopi, bunga potong, dan agroprocessing.

Tahun 2022 merupakan tahun penting bagi Kenya, karena negara dengan penduduk sekitar 50 juta orang tesebut akan melaksanakan Pemilu.

Terkait hal tersebut, Dubes Hery sampaikan harapan agar Pemilu Kenya dapat berjalan sukses.

“Kami berdoa agar pesta demokrasi pada 9 Agustus 2022 nanti akan berjalan lancar dan akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi seluruh masyarakat Kenya,” pungkas Dubes Hery

Pembukaan Kedubes Kenya di Jakarta

Peresmian Kedubes Kenya yang baru di Jakarta, menurut rencana akan dilaksanakan pada kuartal pertama tahun 2022.

Sebelum berdirinya Kedubes Kenya di Jakarta, koordinasi hubungan bilateral dilakukan melalui Kedubes Kenya di Kuala Lumpur.

Pembukaan Kedubes Kenya di Jakarta ini dilakukan setelah lebih dari 40 tahun pembukaan hubungan diplomatik Indonesia dan Kenya pada tahun 1979. Di sisi lain, Indonesia membuka Kedutaan Besar di Nairobi sejak 1982.(R/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.