Dubes Israel Temui Lorde Setelah Batalkan Konser Tel Aviv

artis (Dok Alamy)

Wellington, MINA  – Duta Besar Israel untuk Selandia Baru Itzhak Gerberg telah mengundang penyanyi Lorde untuk menemuinya, setelah artis itu membatalkan konsernya di Tel Aviv.

Pada Hari Natal, Lorde membatalkan sebuah yang dijadwalkan untuk Israel sejak Juni, setelah mendapat desakan dari penggemarnya untuk .

Keputusannya muncul setelah adanya surat terbuka dari penggemarnya yang berpendapat bahwa konser tersebut menunjukkan dukungan terhadap pendudukan Israel di Palestina.

Pada Senin malam (25/12), Dubes Itzhak Gerberg menyampaikan undangan kepada musisi berusia 21 tahun tersebut ke rumah dinasnya di kedutaan. Kantor Berita MINA (Mi’raj News Agency) mengutip sumber Newshub.

Sebelumnya, artis ternama AS Roseanne Barr, peraih Emmy & Golden Globe Award menyerukan Lorde untuk mempertimbangkan kembali pembatalan itu.

“Dengan mengalah pada agenda kebencian dari sedikit orang yang mendukung aksi boikot, Anda justru mendorong permusuhan di wilayah tersebut,” katanya di Twitter, dan meminta Lorde untuk bertemu dengannya secara langsung untuk membahas masalah tersebut.

“Musik harus bersatu, tidak membelah,” ujarnya.

Dewan Yahudi Selandia Baru sebelumnya mengatakan, dengan membatalkan konser, Lorde berarti telah membuat sebuah pernyataan politik.

Juru bicara Yahudi, Juliet Moses mengatakan, penyanyi tersebut akan tampil di Rusia dalam tur Melodramanya. “Meskipun ada pelanggaran hak asasi manusia di negara tersebut, tidak ada yang meminta dia untuk membatalkan pertunjukan tersebut,” lanjutnya.

“Demikian juga, dia tidak terlibat dengan Trump dan mendpoat penghargaan saat dia tampil di Amerika Serikat,” ujarnya.

Federasi Zionis Selandia Baru juga mengatakan, mereka kecewa Lorde telah mendapat tekanan dari mereka yang ingin melihat kehancuran Israel.

“Memboikot Israel, di antara negara-negara lain yang pelanggaran hak asasi manusia, menunjukkan standar ganda dan diskriminasi terhadap negara Yahudi,” kata organisasi tersebut dalam sebuah pernyataan.

Dari Tel Aviv, Menteri Kebudayaan Miri Regev menulis, “Lorde, saya berharap Anda bisa menjadi pahlawan sejati, seperti judul album pertama Anda, menjadi pahlawan budaya yang murni, terbebas dari pertimbangan politik asing.” (T/RS2/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.