Erdogan Mengaku Kenal Aktor di Balik Pembunuh Khashoggi

Istanbul, MINA – Presiden Turki mengungkapkan bahwa dia sudah tahu siapa di balik pembunuhan jurnalis Arab Saudi pada 2 Oktober lalu.

Ungkapan Erdogan itu adalah reaksi terhadap resolusi Senat Amerika Serikat (AS), yang menetapkan Pangeran Putra Mahkota Saudi (MBS) sebagai orang yang bertanggung jawab atas pembunuhan Khashoggi di Istanbul.

“Orang di balik pembunuhan Khashoggi dikenal oleh saya, tetapi Anda (Arab Saudi) harus menyatakannya,” kata Erdogan dalam sebuah pidato di Istanbul hari Jumat (14/12), demikian The New Arab melaporkan yang dikutip MINA.

Erdogan mengatakan, rekaman audio yang dimiliki pemerintah Turki jelas menunjukkan bahwa orang-orang yang sangat dekat dengan MBS terlibat dalam pembunuhan yang mengerikan itu.

“Kami mengikuti apa yang terjadi kemarin di , tetapi masalah tidak akan berhenti di situ. Itu akan berlanjut karena kami telah berbagi dengan Amerika dan dinas intelijen mereka semua informasi yang kami miliki,” tambahnya.

Erdogan menegaskan bahwa Turki adalah negara utama yang mencari keadilan bagi Khashoggi.

Pada Kamis, Senat AS sepakat setelah melakukan pemungutan suara bahwa MBS “bertanggung jawab” atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Pembunuhan Khashoggi di kedutaan Saudi di Istanbul menyebabkan kemarahan internasional terhadap Arab Saudi, termasuk di antara banyak anggotaparlemen AS yang mengkritik keras Riyadh atas skandalnya. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.