Everlast, Penyanyi Amerika yang Dua Kali Bersyahadat (Bag.2)

Everlast, penyanyi hip hop Amerika yang berpindah agama dari Katolik kepada Islam.

Eric Francis Schrody yang nama panggungnya di dunia musik Amerika Serikat (AS) dilahirkan dalam keluarga keturunan Irlandia di Hempstead, Long Island, New York pada 1969. Ibunya bernama Rita Mulligan. Ayahnya yang seorang pekerja konstruksi, memindahkan keluarganya ke California Selatan ketika Everlast berusia sekitar 11 tahun.

Keuangan Keluarga Schrody berfluktuasi sepanjang masa kecil Everlast. Selama awal 1980-an, Everlast dan saudara perempuannya Cassandra (lahir sekitar tahun 1973) harus bolak-balik dari Los Angeles ke New York ketika ayahnya mengejar pekerjaan. Akhirnya, keluarga itu menetap di lingkungan kelas atas, pinggiran Woodland Hills, yang terletak di San Fernando Valley dekat Los Angeles. Di sini, Everlast menjadi salah satu dari sedikit anak-anak kelas pekerja bergaul dengan sekelompok anak-anak kaya yang sedikit bimbingan dan mulai merokok ganja.

Pada tahun 1996 Erik membuat keputusan untuk mengubah keyakinannya dari Katolik kepada Islam. Namun kemudian, ia mengakui pada 2011 bahwa meskipun ia menganggap dirinya masih menjadi Muslim, ia tidak benar-benar mempraktikkan agamanya. Ia tidak menolak semua jenis agama.

Namun, minat Everlast tiba-tiba berubah begitu dia mendengar grup rap Run – D.M.C. “Rock Box” untuk pertama kalinya. “Saya berhenti bergaul dengan anak-anak yang lebih tua dan menjadi hip-hop penuh,” kenang Everlast

Ia tidak begitu tahu bahwa keadaannya akan menjadi lebih buruk setelah meninggalkan grup yang dibentuknya, House of Pain, sebelum grup itu membaik dari masalah. Everlast digugat oleh perusahaan rekamannya, sehingga dia harus menjual rumah impiannya di Hollywood Hills.

Ia hampir bangkrut, pada satu titik ia hanya memiliki $ 12 di rekening banknya. Ia jatuh bersama manajemennya, kehilangan kartu penghargaan Screen Actors Guild (SAG), dan ditempatkan di bawah tahanan rumah karena mencoba membawa senjata di pesawat terbang. Kemudian dia mengalami perpisahan yang menyakitkan dengan pacarnya, yang kemudian dia dokumentasikan dalam sebuah lagu Whitey Ford Sings the Blues berjudul “The Letter.” Setelah hubungan tujuh tahun, pacar Everlast muak dengan perselingkuhannya yang konstan.

“Saya benar-benar brengsek,” katanya dengan menyesal.

Merasa sedih oleh peristiwa-peristiwa itu, Everlast kemudian menukar kehidupannya yang penuh minuman keras, wanita, dan ketidakpekaan kepada kehidupan spiritual, ketulusan, dan kesadaran sosial.

Setelah menjual rumahnya, Everlast tinggal sekamar dengan ibunya yang berjuang melawan kanker pada pertengahan 1980-an. Keduanya berbagi kondominium Los Angeles yang juga berfungsi sebagai studio baru Everlast.

Orangtuanya bercerai ketika dia berusia 20 tahun. Ia tidak pernah sepenuhnya memaafkan ayahnya. Terlepas dari perasaan itu, Everlast mengatakan dia masih mencintai ayahnya dan terus mempertahankan hubungan dengannya untuk menghormati ajaran Islam, yang memerintahkan para pengikutnya untuk menghormati kedua orangtua.

Everleast menikahi mantan model Penthouse Phet di tahun 2009, Lisa Schrody. Mereka memiliki dua anak perempuan.

Everlast memandang pertobatannya ke dalam Islam sebagai upaya serius dan karenanya ia shalat setiap hari, berlatih puasa, dan menyesali tatonya yang tidak sopan.

Everlast mengucapkan syahadat kedua kalinya untuk komitmen hidup sebagai Muslim yang baik.

Tuhan tidak menginginkan yang sulit

Pada tulisan sebelumnya yang berjudul “Everlast: Yesus bukan Tuhan, Ma (Bag.1)”, Everlast mengisahkan awal perkenalannya kepada Islam.

Berikut ini adalah lanjutan kesaksian Everlast saat diwawancara oleh Adisa Banjoko, seorang penulis lepas di San Francisco, yang kemudian dipublikasikan oleh media Islam The Religion of Islam pada 31 Juli 2006:

 

Meskipun saya telah mengubah nama saya selama 8 tahun hingga sekarang, mereka masih memanggil saya dengan nama lahir saya. Mereka kadang berkata, “Oh, saya lupa bahwa Anda Muslim.” Maka itu jadi lelucon, tidak pernah berhenti.

Itu salah satu hal di mana orang menertawakan apa yang tidak mereka mengerti.

Saya ingat ketika saya duduk dan bertanya, “Jadi, apa yang diyakini oleh seorang Muslim?” Dan jawaban itu saya temukan. Saya berkata, “Anda tidak memasang tembok antara agama Kristen dan Yudaisme.”

Mereka menjawab, “Tidak, itu semua cerita yang sama.”

Jika Anda membaca Al-Quran, Alkitab dan Taurat dari Perjanjian Lama, Anda akan menemukan bahwa Quran hanyalah penegasan tentang apa yang benar dan tidak benar dalam buku-buku itu (Alkitab dan Taurat).

Saya membaca buku berjudul “Muhammad: The Life of the Prophet” oleh Karen Armstrong. Itu ditulis oleh seorang non-Muslim. Saat saya baru membaca seperempatnya. Buku itu dimulai dengan memberitahumu bagaimana mereka awalnya mencoba membuat Muhammad terlihat seperti orang paling jahat di dunia bahwa ia mendirikan Islam di bawah pedang. Namun kemudian, Anda akan mengetahui bahwa Muhammad hanya berperang ketika ia harus. Muhammad hanya berjuang untuk membela Islam. Ini buku yang sangat bagus tentang lelaki itu. Kami tidak berusaha memberi tahu Anda bahwa dia bukan lelaki lain. Kami memberi tahu Anda sebagai Muslim bahwa ia adalah contoh paling sempurna dari seorang pria untuk berjalan di bumi sejauh ini. Dan dari apa yang saya baca, dia adalah orang terakhir yang datang dari jenisnya (nabi dan rasul).

Ketika Anda melampaui kebodohan dengan percaya bahwa Islam ada hubungannya dengan hanya orang-orang yang meledakkan sesuatu, itu tidak ada hubungannya dengan Islam. Mereka mungkin melakukannya atas nama Islam. Tapi itu tidak ada hubungannya dengan Islam. Anda tidak bisa membantahnya.

Ketika saya menjelaskan Yesus kepada seorang Kristen, dia tidak bisa berdebat dengan saya. Dan saya tidak bermaksud berdebat. Saya mengatakan, “Yesus bukan Tuhan!” Maksudku, seberapa jauh lebih masuk akal kalau dia seorang laki-laki?

Jika saya seorang Kristen, yang bagi saya berarti seperti Kristus. Seandainya Tuhan bertanya kepada saya, “Hei, bagaimana mungkin kamu tidak lebih seperti Yesus?” Saya akan mengatakan, “Saya tidak seperti Yesus karena Anda menjadikannya setengah dari Tuhan (dan) saya hanya seorang pria?”

Itu tidak masuk akal.

Tuhan tidak menginginkan hal-hal yang sulit pada kita. Tuhan ingin hal-hal semudah mungkin. Tuhan akan membuatnya semudah mungkin. Jika Anda bertanya dan Anda tulus, Tuhan akan membawanya kepada Anda. Dia mungkin melemparkan beberapa batu di jalan Anda, untuk membuat Anda tersandung dan tersandung. Tapi memudahan itu akan datang padamu.

 

Bersyahadat lagi

Pertama kali, tepat setelah saya mendengar rekaman dari Warith Deen Muhammad (putra pendiri Nation of Islam, Elijah Muhammad, yang membawa sebagian besar Nation of Islam ke dalam Islam arus utama). Itu agak menghancurkan seluruh hal tentang Yesus.

Dia menjelaskan bahwa kita (umat Islam) melakukan bantuan besar kepada orang Kristen dengan membawa Yesus ke level manusia. Mengapa Tuhan menciptakan manusia yang setengah Tuhan dan membandingkan kita dengan dia? Dan itu hanya mengirim bom di kepalaku. Jadi saya mengucapkan syahadat (lagi).

Hampir seperti seorang Kristen yang mengatakan bahwa mereka menerima Yesus. Lalu mereka berkata, “Tidak peduli apa yang saya lakukan, sekarang saya diselamatkan.”

Saya tidak benar-benar mengaku sebagai Muslim pada waktu itu. Saya memilah dan memilih apa yang ingin saya percayai. Tuhan memberi saya waktu luang. Tetapi akhirnya tiba saatnya untuk menangkap ikan atau memotong garis. Saya sampai pada titik di mana saya tidak puas secara emosional dan spiritual.

Saat itu saya masih punya uang di bank dan mobil $ 100.000, wanita kiri dan kanan, semua yang Anda inginkan. Dan kemudian hanya duduk di sana dan berpikir, “Mengapa saya tidak bahagia?”

Akhirnya ada suara yang berbicara kepada Anda – bukan bisikan setan – suara itu berkata, “Yah, pada dasarnya Anda tidak bahagia karena Anda hidup busuk dan Anda tidak berusaha melakukan apa-apa tentang hal itu.”

Keras kepala saya pada waktu itu tidak akan memungkinkan saya untuk membicarakannya pada waktu itu.

Saya akhirnya cukup rendah hati untuk berbicara kepada Divine Styler (artis rap Los Angeles yang populer) dan Abdullah Bashir tentang hal itu. Mereka bertanya kepada saya, “Bagaimana perasaanmu? Menurutmu apa itu?”

Jadi akhirnya saya duduk di sana mengucap syahadat lagi. Sejak saat itu saya telah membuat komitmen, saya akan mencoba yang terbaik. Saya akan melakukan yang terbaik untuk shalat, mari kita mulai dari sana. Jangan menyalahkan diri kita sendiri karena kita pergi semalam dan minum. Mari kita shalat dan berdoa agar kuat berhenti melakukan satu hal pada suatu waktu.

Anda tahu, begitu Anda menyelesaikan hal-hal besar, itu menjadi sangat ringan.  Ini adalah hal psikologis halus yang membantu Anda mengetahui siapa diri Anda sebenarnya. Anda harus dapat menghadapi kebenaran tentang siapa diri Anda. Jika Anda tidak dapat menghadapi kebenaran tentang siapa diri Anda, Anda akan hancur, Kawan.

Orang-orang bertanya kepada saya dan pergi, “Anda Muslim?”

Dan saya menjawab, “Ya saya seorang Muslim, tetapi saya juga seorang pendosa profesional.” Saya mencoba untuk mengatasinya, mencoba untuk pensiun. Saya tidak akan maju dan mengatakan saya lebih baik dari Anda.

“Saya hanya percaya bahwa saya telah ditunjukkan kebenaran dan mudah-mudahan itu akan menyelamatkan saya,” katanya. (A/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.