Expo Halal: Nigeria Targetkan $150 Miliar Dari Perdagangan Halal Global

Abuja, MINA – Presiden Kamar Dagang dan Industri Abuja (ACCI), Dr. Al-Mujtaba Abubakar mengatakan, Nigeria akan segera menarik lebih dari $150 miliar (Rp2.137 triliun lebih) investasi dari perdagangan Halal, naik dari $50 miliar (Rp712 triliun) saat ini.

Abubakar mengatakan pada konferensi pers virtual pengumuman Expo Halal Internasional, Rabu (1/9). All Africa melaporkan.

Expo Halal dijadwalkan akan diadakan pada 14-16 September 2021 di Pusat Perdagangan dan Konvensi Ibukota Abuja.

Dia mengatakan, investasi akan menargetkan sektor kosmetik, farmasi dan pariwisata.

Pameran juga akan berfungsi sebagai ajang menarik bisnis baru untuk Nigeria dan Afrika pada umumnya.

“Kami telah menyiapkan acara selama empat bulan terakhir untuk memberikan semua yang diperlukan agar ekspo berhasil,” ujarnya.

Bisnis Halal juga mencakup semua aset perdagangan, perbankan, dan perusahaan di Nigeria untuk mendapatkan peluang bisnis baru.

Acara yang diselenggarakan bersama oleh Abuja Trade Center (ATC) telah menarik minat berbagai negara di Afrika dan Timur Tengah.

“Kami juga sudah berhubungan dengan banyak perusahaan di Taiwan, Malaysia, Yordania, Morrocco dan Aljazair. Ke depan, kami akan mengadakan pameran ini setiap tahun,” katanya.

Direktur ATC, Jude Chime, mengatakan perdagangan $50 miliar oleh perusahaan Nigeria sebagian besar adalah industri minuman dan makanan.

“Saat ini kami menargetkan industri pariwisata, farmasi dan kosmetik. Nigeria akan mendapat banyak manfaat dari investasi pameran ini,” tambahnya.

Dia menunjukkan bahwa banyak perusahaan asing di Timur Tengah mencari cara untuk memasuki pasar Nigeria tidak hanya untuk membawa produk mereka, tetapi juga memperluas kegiatan manufaktur mereka.

Ia berharap, pameran memberikan kesempatan kepada eksportir Nigeria untuk masuk ke pasar Timur Tengah melalui sertifikasi Halal.

Otoritas Sertifikasi , Dr. Ibrahim Oreagba, mengatakan Expo Halal Internasional sangat penting untuk mempromosikan produk-produk halal berkualitas, sehat dan aman.

“Kami sangat senang dengan pameran ini karena akan mempromosikan produk bersertifikat Halal. Ini berarti kita berpartisipasi dalam kegiatan ibadah, yakni konsumsi produk halal sesuai perintah Allah. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.