Friends of Al-Aqsa, Komunitas Sebarkan Cinta Al-Aqsha di London

Aqsa Week. (Foto: Friends of Al-Aqsa)

, MINA – Pekan Aqsa diinisiasi oleh yang berbasis di Inggris pada tahun 2017 mengampanyekan pentingnya di Yerusalem dan ketidakadilan yang diderita oleh warga Palestina di bawah pendudukan ilegal Israel dan rezim apartheid.

Dikutip dari QudsNen, Rabu, (15/22), tahun ini inisiatif Pekan Aqsha yang populer berlangsung dari Senin 13 hingga Ahad 19 Februari 2023, bertepatan dengan Isra Mi’raj, malam Nabi Muhammad memulai perjalanan ajaib dari Masjid Al-Haram ke Masjid Al-Aqsha.

Pada 2021, Pekan Aqsa mendapat dukungan dari departemen pemerintah dan lembaga terkemuka di seluruh dunia, dan pada tahun 2022 dirayakan di lebih dari 50 negara. Pekan Aqsa 2023 ini akan dirayakan di 5 benua.

Dalam siaran pers, FOA mengatakan individu dan masjid di seluruh dunia mengorganisir kegiatan untuk menyebarkan kecintaan terhadap Al-Aqsa dan meningkatkan kesadaran akan penderitaan warga Palestina yang hidup di bawah pendudukan apartheid Israel.

FOA mencatat bahwa ini terjadi pada saat yang penting karena pemerintah sayap kanan baru Israel telah menyetujui pembunuhan 42 warga Palestina dalam 40 hari pertama tahun 2023, dan kemarin PM Israel Netanyahu mengumumkan rencana untuk membangun lebih banyak pemukiman ilegal Israel di Palestina yang diduduki.

Ratusan masjid serta mahasiswa di kampus-kampus di Inggris akan membagikan selebaran dan stiker tentang Al-Aqsha pada hari Jumat.

Kids juga hadir kembali, karena pekan ini bertepatan dengan libur semester bulan Februari. Sejak peluncuran resmi Aqsa Week Kids pada tahun 2020, lebih dari 4000 anak telah ambil bagian di Inggris.

Di Indonesia, kegiatan serupa bernama Bulan Solidaritas Palestin (BSP) diadakan setiap November, dimulai pada 2022 lalu, diinisiasi oleh lembaga Aqsa Working Group (AWG), diadakan sebulan penuh sebagai bentuk dukungan terhadap perjuangan pembebasan Masjid Al-Aqsha dan kemerdekaan bangsa Palestina.

Berbagai kegiatan BSP November 2022 lalu, terdiri dari Perlombaan-Perlombaan, Sarasehan Nasional, Futsal National Competition, Pameran Foto Perjuangan Al-Aqsa-Palestina, Talkshow Millenial Peacemaker, Forum Silaturahim Duta Al-Quds, Gowes Cinta Al-Aqsa, dan Mendaki Gunung (Pengibaran Bendera). (T/B03/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.