Gerakan Pramuka Gelar Aksi Bumbung Kemanusiaan untuk Rohingya

Konferensi Pers Aksi Bumbung Kemanusiaan Gerakan Pramuka untuk Rohingya. (Foto: Risma MINA)

Jakarta, MINA – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka kembali menggelar aksi ‘Bumbung Kemanusiaan’ untuk membantu pengungsi Rohingya di Rakhine State, Myanmar.

“Bumbung Kemanusiaan merupakan cara unik menggalang dana kepedulian dari seluruh masyarakat khususnya Pramuka untuk saudara-saudara yang kurang beruntung, baik di dalam maupun di luar negeri,” kata Budi Prayitno, Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pembina Anggota Muda (Bimamuda) dalam acara Konferensi Pers di Gedung Kwarnas, Jakarta, Rabu (6/9).

Setiap anggota Pramuka, memiliki kepedulian sehingga disebut ini Bumbung Kemanusiaan, karena hasilnya nanti disalurkan untuk membantu pengungsi Rohingya.

Budi mengajak kepada seluruh anggota Pramuka dan masyarakat secara umum untuk tidak ragu-ragu dalam membantu pengungsi Rohingya lewat Bumbung Kemanusiaan ini.

“Aksi ini juga merupakan implementasi dari salah satu Dasa Darma Pramuka, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia,” ujarnya.

Sebelumnya, Kwarnas Gerakan Pramuka telah mengirim relawan dan bantuan ke Rakhine State, Myanmar pada 29 Agustus 2017 lalu yaitu untuk menyalurkan hewan kurban sebanyak 9 ekor sapi dan 15 ekor kambing, serta sejumlah bantuan bahan pangan seperti beras, lauk pauk, oil cooking, susu, biscuit, coklat, dan air bersih.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault yang saat ini sedang berada di Prancis untuk misi pengibaran bendera Merah Putih di puncak Mont Blanc menambahkan, aksi bumbung seperti ini sering dilakukan oleh anggota Pramuka di berbagai tempat.

“Ini cara Pramuka merespon masalah. Yuk, kita bantu terus para pengungsi Rohingya melalui Bumbung Kemanusiaan ini. Sekecil apapun Insyaallah berguna bagi mereka,” ajak Adhyaksa.

Menurut Adhyaksa, setelah dana terkumpul melalui aksi Bumbung, tim Pramuka Peduli Gerakan Pramuka direncanakan akan kembali ke Myanmar pada pertengahan bulan September ini untuk membawa bantuan khusunya untuk anak-anak, wanita, dan warga lanjut usia Rohingya.

“Kami sangat mengapresiasi diplomasi yang dilakukan Pemerintah serta langkah-langkah yang ditempuh oleh seluruh aktivis kemanusiaan dari berbagai organisasi di dunia, khususnya Indonesia dalam membantu pengungsi Rohingya ini. Jangan berhenti, kita harus terus doakan dan bantu mereka,” tandas Adhyaksa.

Bantuan dari anggota pramuka maupun masyarakat umum dapat disalurkan melalui nomor rekening 909010100 BNI Cabang Menteng, Jakarta Pusat a/n Pramuka Peduli. Konfirmasi pengiriman bantuan bisa menghubungi Eko Sulistio (081210834695), Ranggawisnu (089503197260), atau email; [email protected] (L/R09/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.