Hadirkan 20 Perwakilan Universitas, AS akan Gelar Pameran Pendidikan di Indonesia 

Pameran pendidikan tahunan yang digelar Amerika Serikat melalui Kedutaan Besar AS di Indonesia.(Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – Amerika Serikat melalui Kedutaan Besar AS di Indonesia menghadirkan 20 perwakilan universitas dan perguruan tingginya dalam tahunan (Pameran EducationUSA U.S. Graduate Fairs) yang berlangsung di tiga kota dari 5 hingga 10 Oktober 2023.

Pameran tersebut diawali di Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 5 Oktober 2023, kemudian di Park Hyatt Jakarta pada 8 Oktober 2023, dan di Hotel Marriott Yogyakarta pada 10 Oktober 2023.

Konsul Jenderal AS di Surabaya Jonathan Alan yang akan membuka seri kegiatan ini di Malang, menyampaikan dalam keterangan tertulisnya diterima MINA, Selasa (3/10), uUniversitas-universitas di AS mempertemukan mahasiswa dan pengajar dari seluruh dunia, dengan perspektif dan pengalaman yang beragam, untuk memastikan bahwa pembelajaran Anda akan berlanjut tidak hanya sebatas di dalam kelas.

“Terdapat lebih dari 4.700 institusi pendidikan tinggi terakreditasi di Amerika Serikat, dan pameran EducationUSA dapat membantu mahasiswa memfokuskan pilihan, menentukan prioritas, dan merencanakan karir/rencana kuliah mereka,” kata Alan.

Dia menjelaskan, lebih dari 8.000 Warga Negara Indonesia saat ini sedang mengikuti pendidikan di Amerika Serikat

Adapun universitas dan perguruan tinggi yang berpartisipasi di pameran ini, di antaranya Carnegie Mellon University, Dallas Baptist University, Georgetown University, Gonzaga University, Harvard University, Indiana University at Bloomington, Johns Hopkins University, Katz School of Science and Health Yeshiva University, Missouri University of Science and Technology, New York University, North Carolina State University, SUNY at Albany, University of Colorado at Boulder, University of Illinois (Urbana Champaign), University of Michigan (Ann Arbor) University of Missouri, University of Nevada (Las Vegas), University of Rhode Island, dan Yale University.

Meskipun sebagian besar perwakilan universitas akan merekrut mahasiswa untuk program magister dan doktor di Amerika Serikat, pameran ini juga akan menampilkan sesi informasi bagi mahasiswa yang mencari program pertukaran jangka pendek dan program S1.

Calon mahasiswa berkesempatan untuk berbicara dengan perwakilan universitas serta perwakilan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Komisi Fulbright (AMINEF), dan Kedutaan Besar AS.

Pameran ini juga akan menampilkan sesi tentang tips membuat lamaran dan penulisan esai, personal branding, dan peluang beasiswa.

Alam menambahkan, pameran EducationUSA memberikan layanan bimbingan gratis kepada calon mahasiswa internasional dan menawarkan sumber daya dan perlengkapan untuk membantu mengarahkan kepada lima tahap untuk belajar di AS, termasuk: mencari sekolah, mengidentifikasi peluang bantuan keuangan, melengkapi pendaftaran, mendapatkan visa pelajar, dan mempersiapkan keberangkatan.(R/R1/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.