Haedar Nashir Beberkan Kunci Sukses Amal Usaha Muhammadiyah

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah  Haedar Nashir.(Foto: Istimewa)

, MINA – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP)   membeberkan dua kunci kesuksesan dalam membesarkan amal usaha organisasi Islam tersebut.

Persyarikatan Muhammadiyah menjadi organisasi Islam terbesar dengan ribuan amal usaha, baik di bidang kesehatan, pendidikan, sosial, ekonomi dan lain sebagainya.

Haedar Nashir menyampaikan, kuncinya adalah keikhlasan. Menurut Haedar, membesarkan Muhammadiyah termasuk amal usahanya selain dengan kerja keras juga dengan ikhlas.

Hal tersebut disampaikan oleh Haedar Nashir pada Selasa (22/8) dalam agenda peresmian dan Ideopolitor yang diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Tengah (Sulteng) di Universitas Muhammadiyah (UM) Palu.

Guru Besar Sosiologi ini mengatakan, kebiasaan warga Muhammadiyah yang sering dijumpai di banyak tempat adalah tidak takut atau nekad mengeluarkan modal sendiri, dan kerap kali tidak hitung-hitungan dalam membesarkan Muhammadiyah.

Keikhlasan yang dimiliki oleh warga Muhammadiyah ini, lanjutnya, menjadi kunci dari kebesaran yang berhasil dicapai oleh Muhammadiyah sampai sejauh ini. Mengutip pesan KH. Ahmad Dahlan, Haedar mengatakan semua yang dilakukan manusia akan menjadi sia-sia jika tidak dilandasi keikhlasan.

“Semua manusia akan mati termasuk mati kesadaran, kecuali mereka yang berilmu – memiliki ilmu, mereka yang berilmu banyak cemas dengan ilmunya kecuali mereka yang beramal, dan mereka yang beramal pun penuh kekhawatiran kecuali mereka yang ikhlas,” kata Haedar mengutip pesan Kiai Dahlan.

Oleh karena itu, orang Muhammadiyah kalau beramal itu tidak tergantung atau terpengaruh dengan bisikan kanan-kirinya. Meskipun difitnah, dicaci, dicecar dan seterusnya dia akan tetap kokoh untuk melanjutkan amal salihnya.

“Ini spiritnya Kiai Dahlan, maka kan Kiai Dahlan dulu sampai disebut kafir, Kiai Dahlan dihujat, dan macam-macam, dan ikhlas itu membuat tuma’ninah yang dimana hati kita tentram. Di saat kita susah menghadapi gelombang, disaat kesulitan melanda, harus tetap optimis,” pesan Haedar.

Maka Haedar berharap kepada seluruh warga Muhammadiyah untuk terus merawat ikhlas, menubuhkembangkannya dalam jiwa secara terus menerus. Sebab ikhlas bukan dengan kata-kata, melainkan dengan berbuat.

Kunci yang kedua dalam membesarkan Muhammadiyah adalah dengan memadukan iman dan amal salih, serta amal dan jihad, bahkan antara jihad dan sabar. Kunci kedua ini spesifik merujuk kepada surat An Nahl ayat 97.

“Kalau kita ingin hidup yang baik apalagi masuk surga, harus ada wasilahnya, harus ada jalannya, harus ada instrumennya, yaitu beriman dan beramal sholeh. Kalau beriman itu, harus taat urusan kita dengan Allah dan segala dimensinya, tapi iman itu harus terpancar dalam jiwa kita, pikiran kita, dan tindakan kita,” ujar Haedar.

Ia menambahkan, iman dan amal salih warga Muhammadiyah harus dinamis, membuahkan manfaat lebih banyak kepada alam sekitar. Dalam pengelolaan AUM juga harus dilakukan dengan penuh semangat dan profesionalitas, demi tercapainya kemajuan dan kemanfaatan. (R/R5/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.